Ketahui Komponen Bisnis Franchise Mulai dari Keuntungan Hingga Contohnya

Ketahui Komponen Bisnis Franchise Mulai dari Keuntungan Hingga Contohnya (ilustrasi: Freepik)
Ketahui Komponen Bisnis Franchise Mulai dari Keuntungan Hingga Contohnya (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Franchise merupakan sebuah model bisnis di mana pemilik merek atau pemilik usaha memberikan hak kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis mereka di bawah nama, merek dagang, dan sistem yang sudah mapan.

Pihak lain yang akan menjalankan bisnis disebut sebagai franchise membayar biaya kepada franchisor yang merupakan pemilik usaha untuk mendapatkan hak tersebut serta dukungan dan bimbingan dalam menjalankan bisnis. 

Bisnis franchise dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, namun calon franchise penting untuk melakukan riset lebih mendalam terkait peluang pasar, biaya, sistem yang ditawarkan, serta komitmen yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk bergabung dalam bisnis franchise tertentu.

Baca Juga:Kesulitan Membuat Daftar Isi melalui Microsoft Word? Ini LangkahnyaKetahui Beberapa Dampak Bahaya Penggunaan Air Fryer

Dalam proses kerja sama alangkah lebih baik jika melibatkan pengacara atau konsultan bisnis yang berpengalaman guna memahami detail kontrak franchise dan komitmen yang diperlukan.

Berikut ini terdapat beberapa komponen utama yang terlibat dalam bisnis franchise, antara lain: 

Komponen dalam Bisnis Franchise

  • Franchisor

Franchisor merupakan pemilik bisnis yang sudah mapan dan memiliki model bisnis yang sukses. Franchisor memberikan hak kepada franchise untuk menggunakan merek dagang, sistem, dan dukungan yang sudah ada.

  • Franchise

Franchise merupakan pihak yang membeli hak untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan merek dan sistem yang dimiliki oleh franchisor. Untuk melakukan kerja sama, franchise perlu membayar biaya awal dan royalti secara berkala kepada franchisor untuk mendapatkan hak tersebut.

  • Manfaat Bisnis Franchise

Keuntungan yang didapat franchise yaitu diperoleh dari merek dagang yang sudah dikenal dan telah terbukti di pasaran. Selain itu tersedianya sistem operasional yang sudah teruji dan terbukti efektif, termasuk proses bisnis, panduan operasional, pelatihan, dan dukungan lainnya dari franchisor.

Yang lebih penting dalam bisnis adalah risiko, di mana model bisnis franchise memiliki risiko lebih rendah daripada memulai bisnis dari nol karena mendapatkan panduan dan dukungan dari franchisor.

  • Jenis-Jenis Franchise

Franchise merupakan jenis waralaba yang paling umum di mana franchise menggunakan merek dan sistem franchisor untuk menjalankan bisnis yang sama seperti milik franchisor.

Baca Juga:Ketahui 7 Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze atau HangKetahui Jenis Bisnis Ekstraktif, Mulai dari Keuntungan Hingga Dampaknya Bagi Lingkungan

Franchise lisensi umumnya terkait dengan hak untuk mendistribusikan produk atau layanan tertentu dalam wilayah tertentu.

0 Komentar