4 Doa Meminta Hujan Nabi Muhammad, Saat Musim Kemarau!

4 Doa Meminta Hujan Nabi Muhammad, Saat Musim Kemarau!
Foto ilustrasi kekeringan musim kemarau (Dok. pixabay.com)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Musim kemarau menjadi salah satu bencana kekeringan yang berdampak pada semua makhluk hidup, cek ada 4 doa meminta hujan Nabi Muhammad.

Doa meminta hujan bisa kita lakukan jika mengalami kekeringan yang menyebabkan dampak buruh bagi kehidupan, pertanian, ekonomi, dan juga lingkungan.

Dampak musim kemarau juga dapat mengakibatkan kebakaran, gagal panen, dan binatang masuk kepemukinan. Maka dari itu doa meminta hujan menjadi salah satu solusi yang diajarkan oleh umat Islam.

Baca Juga:Tips Cara Mengatasi Rambut Kering Lebih Sehat dan Berkilau!Kuliner Makanan yang Cocok Saat Musim Panas di Bandung!

Melansir dari nu.or.id ada 4 jenis doa meminta hujan yang di lakukan Nabi Muhammad:

Pertama,

اللهمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا, نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلًا غَيْرَ أٰجِلٍ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda.” (HR. Imam Abu Dawud)

Kedua,

اللهمّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا سَرِيْعًا مَرِيْعًا غَدَقًا طَبَقًا، عَاجِلًا غَيْرَ رَائِفٍ، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ تَمْلَأُ بِهِ الضَّرْعُ، وَيَنْبُتُ بِهِ

الزَّرْعُ وَتُحْيِي بِهِ الْأَرْضُ بَعْدَ مَوْتِهَا وَكَذَلِكَ تُخْرِجُوْنَ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang merata, segera, menyuburkan, lebat, merata, segera tanpa kelambatan, bermanfaat tanpa bahaya. Hujan yang dapat memenuhkan ambing (kantong kelenjar) susu binatang ternak, yang menumbuhkan tanaman, yang menghidupkan tanah setelah mati (karena kekeringan).”

Ketiga,

اللهمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu dan binatang-binatang (ciptaan)-Mu, sebarkanlah rahmat-Mu dan hidupkanlah negeri-Mu yang sebelumnya mati.” (HR. Imam Malik bin Anas)

Keempat,

إنكم شكوتم جدب دياركم واستئخار المطر عن إبان زمانه عنكم وقد أمركم الله سبحانه أن تدعوه ووعدكم أن يستجيب لكم

Artinya: “Sesungguhnya kalian mengeluhkan gersangnya tanah-tanah kalian dan terlambatnya hujan dari masa biasanya. Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kalian untuk berdoa kepada-Nya, dan menjanjikan akan mengabulkan (doa) kalian.” (HR. Imam Abu Dawud)

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membaca doa:

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهمَّ أَنْتَ اللهُ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ الْغَنِيُّ, وَنَحْنُ الْفُقَرَاءُ أَنْزِلْ

عَلْيْنَا الْغَيْثَ وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ لَنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَي حِيْنٍ

Artinya: “Segala puji milik Allah, Tuhan seluruh semesta, yang Maha pengasih lagi Maha penyayang, Tuhan yang menguasai hari pembalasan. Ya Allah, Engkau adalah Allah, tiada Tuhan kecuali Engkau yang Mahakaya, sedangkan kami makhluk yang membutuhkan, turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang Engkau turunkan kepada kami sebagai kekuatan dan pencapaian hingga akhir masa.”

Itulah 4 doa meminta hujan Nabi Muhammad yang bisa kamu bacakan, jika mengalami bencana kekeringan di musim kemarau. Semoga bermanfaat.

0 Komentar