Perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS, Mana yang Cocok untuk Anda?

Perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS
Perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS
0 Komentar

KURASI MEDIA – Pemerintah Indonesia telah meluncurkan dua program jaminan kesehatan yaitu BPJS Kesehatan dengan KIS. Lalu apa perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS??

Kedua program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan dengan KIS ini berbeda namun bertujuan sama membantu masyarakat mendapatkan akses layanan medis yang terjangkau.

Perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS

Berikut perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga:Surga Tersembunyi di Bandung: Sanghyang Kenit, Sang Sungai Aare ala Bandung Barat!Vivo X100 Series Siap Membuat Gebrakan pada 13 November Mendatang!

1. Peserta yang Dicakup
  • BPJS Kesehatan – Merangkul semua lapisan masyarakat Indonesia, termasuk bayi yang baru lahir. Peserta membayar iuran bulanan berdasarkan kelas layanan.
  • KIS – Diperuntukkan khusus bagi masyarakat tidak mampu yang tidak perlu membayar iuran bulanan, karena mendapatkan subsidi penuh dari pemerintah.
2. Fasilitas Kesehatan yang Tersedia
  • BPJS Kesehatan – Kartu ini hanya berlaku di fasilitas kesehatan yang terdaftar di BPJS Kesehatan, termasuk klinik dan puskesmas.
  • KIS – Kartu ini dapat digunakan di seluruh fasilitas kesehatan, mulai dari klinik dan puskesmas hingga rumah sakit, memberi Anda fleksibilitas lebih dalam memilih tempat pengobatan.
3. Manfaat yang Didapat
  • BPJS Kesehatan – Peserta hanya dapat menggunakan kartu ini saat dalam kondisi sakit atau membutuhkan pengobatan medis.
  • KIS – Selain digunakan untuk pengobatan, KIS juga dapat digunakan untuk program pencegahan dan kesehatan, memberi lebih banyak manfaat bagi pemegangnya.
4. Biaya Iuran
  • BPJS Kesehatan – Peserta BPJS Kesehatan membayar iuran bulanan berdasarkan kelas layanan yang dipilih, dengan biaya yang bervariasi.
  • KIS – Tidak ada biaya iuran bulanan bagi peserta KIS, karena pemerintah memberikan subsidi penuh, memastikan akses kesehatan yang adil bagi semua.

Sekarang, dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang perbedaan BPJS Kesehatan dengan KIS, Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana.

Anda cukup memilih program jaminan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial. Selamat menjaga kesehatan!

0 Komentar