Miliki Fungsi yang Sama, Ini Perbedaan Kabel Micro USB dan Type-C

Miliki Fungsi yang Sama, Ini Perbedaan Kabel Micro USB dan Type-C
Miliki Fungsi yang Sama, Ini Perbedaan Kabel Micro USB dan Type-C
0 Komentar

KURASI MEDIA – Kabel Micro USB dan kabel USB Type-C merupakan dua jenis kabel yang berbeda, kabel-kabel ini digunakan sebagai penghubung berbagai perangkat elektronik.

Kabel-kalel ini biasanya digunakan untuk perangkat seperti smartphone, tablet, komputer, dan perangkat lain. Kabel ini biasanya disambungkan pada sumber daya atau diguankan untuk mentransfer data.

Penggunaan kabel ini disesuaikan denga perangkat elektronik yang digunakan. Namun perlu diketahui bahwa kabel USB Type-C saat ini menjadi standar dalam industri karena menawarkan berbagai kemampuan yang lebih banyak dan fleksibel.

Baca Juga:Digunakan Secara Rutin, Ketahui Manfaat Body SerumKeuntungan Saldo DANA Sampai Rp 100.000, Cair Hari Ini?

Berikut ini terdapat beberapa perbedaan antara kabel Micro USB dan kabel USB Type-C, di antaranya:

Perbedaan Kabel Micro USB dan Kabel USB Type-C

  • Bentuk Fisik

Kabel Micro USB memiliki konektor yang berbentuk segitiga dengan satu sisi datar yang khas. Di mana penggunanya dapat menggunakannya dengan orientasi tertentu.

Sedangkan untuk kabel USB Type-C memiliki konektor yang simetris, Di mana penggunanya dapat memasangnya tanpa memperhatikan orientasi.

  • Kecepatan Transfer Data

Kabel Micro USB biasanya mendukung transfer data dengan kecepatan hingga USB 2.0, yang memiliki kecepatan transfer sekitar 480 Mbps.

Sedangkan untuk kabel USB Type-C memiliki dukungan untuk kecepatan transfer data yang lebih cepat, termasuk USB 3.0, USB 3.1, dan USB 3.2, yang mampu mencapai kecepatan hingga beberapa gigabit per detik.

  • Kemampuan Daya

Kabel Micro USB sering digunakan untuk mengisi daya perangkat dengan daya rendah hingga sedang, dan memiliki daya hingga sekitar 2,5 watt hingga 15 watt.

Kabel USB Type-C memiliki kemampuan daya yang lebih tinggi dan dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat dengan daya yang lebih tinggi, hingga beberapa puluh watt hingga lebih dari seratus watt tergantung pada implementasi dan perangkat yang digunakan. USB Type-C juga mendukung teknologi Power Delivery (PD) yang lebih canggih.

Baca Juga:Ketahui Apa yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Memulai BisnisKetahui Beberapa Film yang Dibintangi Aktor Jefri Nichole

  • Penggunaan yang Fleksibel

Kabel Micro USB umumnya digunakan hanya untuk mengisi daya dan transfer data.

Kabel USB Type-C memiliki kemampuan yang lebih fleksibel karena dapat digunakan untuk pengisi daya, transfer data, menghubungkan perangkat ke monitor eksternal, hingga perangkat audio.

0 Komentar