Apa Itu Ekonomi Kreatif? Kenali Ciri-ciri dan Jenisnya!

Apa Itu Ekonomi Kreatif? Kenali Ciri-ciri dan Jenisnya!
Foto: pixabay.com
0 Komentar

KURASI MEDIA – Ekonomi kreatif atau biasa disebut Ekraf mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh banyak orang. Banyak sekali bisnis-bisnis yang berjalan dengan menggunakan konsep kreatif.

Perkembangan bidang ekonomi pada akhirnya sampai di taraf ekonomi kreatif yang dimana kreativitas menjadi hal utama dalam pengembangan ekonomi.

Menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia, ekonomi kreatif merupakan sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Baca Juga:Gampang Banget! Bikin Cemilan Resep Sempol Ayam KekinianCara Membangun Usaha Kuliner agar Cepat Sukses dan Berkembang!

Kemunculan istilah ekonomi kreatif disebabkan oleh perubahan pola pikir ekonomi era modern yang dulunya mengandalkan sumber daya alam beralih ke pengembangan sumber daya manusia.

Menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan adalah kreativitas. Hal itu karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakan oleh para kreator dan inovator.

Berikut Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif:

  1. Adanya Kreasi Intelektual

Ekonomi kreatif menekankan pada pentingnya kreativitas. Maka dari itu, kreativitas dan juga keahlian dalam suatu sektor sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu ciri utama dari ekonomi kreatif.

  1. Mudah diganti

Kreasi dan inovasi harus terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan aktivitas ekonomi. Tujuannya agar bisa diterima oleh pasar dan bermanfaat bagi konsumen.

  1. Distribusi secara langsung dan tidak langsung

Adanya distribusi secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kebijakan perusahaan dan kebutuhan konsumen.

  1. Membutuhkan kerja sama

Dalam industri kreatif, kerja sama sangatlah penting. Misalnya antara pihak pengusaha dengan pemerintah yang mengatur kebijakannya.

Baca Juga:Persiapan Weekend, Cek Harga dan Jadwal Kereta Bandung – Jakarta 10 November 20236 Cara Merawat Headset agar Tetap Awet dan Tahan Lama

  1. Berbasis pada ide

Artinya ide menjadi hal utama yang harus dipersiapkan dalam ekonomi kreatif. Ide sangat penting dalam mengembangkan industri kreatif dan akan selalu berkaitan dengan inovasi dan kreativitas.

  1. Tidak memiliki batasan

Tidak ada batasan dalam penciptaan produk. Artinya inovasi dan kreativitas dalam penciptaan produk akan selalu terjadi dan hal ini tidak memiliki batasan yang pasti.

0 Komentar