Dimana Bisa Membuat QRIS? Simak 5 Cara Mudah Daftar untuk Usaha

Ilustrasi Dimana Bisa Membuat QRIS? Berikut Informasi Cara Membuatnya dengan Mudah untuk Toko atau Usaha Anda/ Pexels/ Tim Douglas
Ilustrasi Dimana Bisa Membuat QRIS? Berikut Informasi Cara Membuatnya dengan Mudah untuk Toko atau Usaha Anda/ Pexels/ Tim Douglas
0 Komentar

KURASI MEDIA – Dimana bisa membuat QRIS? Punya usaha dan ingin pembayaran tak perlu ribet cukup pakai QRIS? Begini 5 cara mudah daftar untuk usaha.

QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard adalah bentuk kode pembayaran digital yang digunakan untuk berbagai tujuan. Kode QR ini dapat ditemukan di berbagai tempat seperti toko, warung, loket, dan digunakan sebagai salah satu opsi pembayaran tanpa uang tunai.

Beberapa usaha seperti UMKM telah bermitra dengan merchant atau bank tertentu, sehingga secara otomatis mendapatkan QRIS khusus mereka.

Baca Juga:3 Contoh Ide Outfit Hari Pahlawan untuk Wanita, Elegan dan Simpel Cocok Buat Fashion Show11 Ucapan Hari Kebebasan Sedunia 9 November 2023 Paling Kreatif dan Memotivasi

Namun, bagi Anda pemilik usaha yang  mungkin belum memiliki sistem pembayaran QRIS dan ingin membuatnya. Berikut di bawah ini adalah cara untuk membuat QRIS dengan mudah.

Dimana Bisa Membuat QRIS?

Dilansir dari laman Bank Indonesia, QRIS untuk usaha dapat dibuat secara offline alias langsung dengan mengunjungi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) QRIS yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia atau secara online melalui situs PJP tersebut.

Prosesnya akan diminta dokumen-dokumen untuk diverifikasi dan PJP akan menyediakan Anda dengan Merchant ID dan kode QRIS khusus untuk usaha Anda.

Setelah menyelesaikan proses pembuatan dan Anda terdaftar merchant QRIS. Kemudian tampilkan QRIS di tempat pembayaran atau di dekat kasir toko Anda.

Namun penting untuk dicatat bahwa biaya dan persyaratan pendaftaran QRIS dapat berbeda tergantung pada PJP yang dipilih. Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya dan persyaratan tambahan, sebaiknya Anda langsung menghubungi PJP QRIS yang Anda pilih.

Contoh PJP Tempat Pembuatan QRIS

Dimana bisa membuat QRIS seperti yang dijelaskan di atas adalah melalui PJP yaitu pembuatan QRIS tersebut bisa melalui bank atau perusahaan finansial seperti OVO, ShoopePay dan lainnya yang sudah mendapat izin dari BI.

Misalnya, dikutip dari laman Bank Mandiri terdapat layanan Livin’ Usaha.

Layanan terbaru dari Bank Mandiri ini berbasis website dengan format Progressive Web App (PWA) dan bisa diakses melalui laman https://qris.bankmandiri.co.id/. Kemudian layanan ini dirancang khusus untuk membantu para merchant dalam menerima transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dari berbagai aplikasi pembayaran.

0 Komentar