Peringati Hari Diabetes Sedunia, Kenali lebih dalam tentang Penyakit gula ini

Ilustrasi: Hari Diabetes Sedunia. (freepik)
Ilustrasi: Hari Diabetes Sedunia. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November, untuk merayakannya biasanya dilakukan dengan mengadakan berbagai seminar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit yang satu ini.

Angka diabetes di Indonesia menunjukkan peningakatn setiap tahunnya. Bahkan kini penderitanya bukan hanya dikalangan usia lanjut, melainkan juga anak-anak dan remaja juga banyak diusia roduktif.

Menurut data dari International Diabetes Federation (IDF) tahun 2021, jumlah penderita diabetes pada 2021 di Indonesia meningkat pesat dalam sepuluh tahun terakhir.

Baca Juga:Daftar 121 Produk Diduga Pro-Israel yang Masih Banyak Beredar di MasyarakatVIRAL, Jo In Sung Repost Video Editan Netizen Indonesia di InstaStory, Ternyata Video tentang ini

Jumlah tersebut diperkirakan dapat mencapai 28,57 juta pada 2045 atau lebih besar 47% dibandingkan dengan jumlah 19,47 juta pada 2021.

Hal ini cukup mengejutkan, diperkirakan peningkatan tersebut karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, termasuk kebiasaan konsumsi gula berlebihan.

Padahal jika melihat Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, sudah ada anjuran dari pemerintah untuk membatasi konsumsi gula. karena konsumsi gula per orang per hari adalah 10% dari total energi (200kkal). Konsumsi tersebut setara dengan gula 4 sendok makan per orang per hari atau 50 gram per orang per hari.

Namun yang terjadi, kebiasaan minum minuman kemasan atau ngopi di kafe, rebahan sambil ngemil menjadi salah satu faktor cepatnya peningkatan jumlah penderita diabetes.

Lalu apa sebenarnya penyakit ini, apa penyebabnya, dan bagaimana mencegahnya kita akan bahas di artikel ini :

Dilansir dari Healthline, Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik yang menyebabkan tingginya gula darah. Tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya secara efektif.

Hormon insulin memindahkan gula dari darah ke sel tubuh untuk disimpan atau digunakan sebagai energi. Jika ini tidak berfungsi, mungkin menderita diabetes.

Baca Juga:Trending Nomer 1 YouTube, Ini Lirik Lagu ‘Drama’ – aespa yang Tembus 24 Juta Viewer dalam SehariBisa Kurangi Anxiety, Ini Manfaat Olahraga Jalan pagi untuk kesehatan Fisik dan Mental

Gula darah tinggi akibat diabetes yang tidak diobati dapat menyerang organ tubuh lain, misalnya merusak saraf, mata, ginjal, dan organ lainnya.

Namun mendidik diri sendiri tentang diabetes dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengelolanya dapat membantu mengurangi resiko diabetes.

Penyebab diabetes

Untuk diabetes tipe 1, Dokter belum mengetahui secara pasti apa yang menajdi penyebabnya.Untuk beberapa alasan, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas.

0 Komentar