Jangan Sepelekan, Rokok Jadi Penyebab Utama Penyakit PPOK

ILUSTRASI : Merokok menjadi penyebab utama penyakit PPOK. (freepik)
ILUSTRASI : Merokok menjadi penyebab utama penyakit PPOK. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Penyebab utama penyakit PPOK ternyata dari merokok. PPOK merupakan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) yakni suatu kondisi paru-paru kronis yang umumnya disebabkan oleh paparan zat-zat berbahaya, seperti asap rokok atau polusi udara.

Hari ini tanggal 15 November merupakan peringatan Hari PPOK Sedunia. Atau secara internasional lebih dikenal dengan istilah COPD (chronic obstructive pulmonary disease).

COPD atau PPOK ini bukan hanya satu jenis penyakit, tapi merupakan kelompok penyakit paru-paru yang menghalangi aliran udara sehingga membuat kesulitan bernapas.

Baca Juga:Hyungwon Monsta X Masuk Wajib Militer, Netizen Malah Doakan Jeonghan Seventeen agar Kuat DitinggalCara Buka Pola Kunci HP Jika Lupa Pasword atau PIN

Dimana gejala umumnya berupa sesak napas, napas berbunyi, atau batuk kronis, seperti penyakit paru pada umumnya.

Dengan memperingati hari PPOK ini diharapkan memberikan kesadaran pada masyarakat untuk mulai berhenti merokok, atau menghindari semua hal yang menjadi penyebab penyakit PPOK ini.

Juga sebagai sosialisasi mengenai bahayanya penyakit PPOK , agar masyarakat semakin peduli dengan upaya pencegahannya dan mulai menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Penyebab Utama Penyakit PPOK

Beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit PPOK diantaranya:

1. Merokok

Merokok adalah penyebab utama PPOK. Zat-zat kimia dalam asap rokok dapat merusak saluran udara di paru-paru, menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran udara.

2. Paparan Asap Lingkungan

Paparan jangka panjang terhadap asap lingkungan, seperti polusi udara di lingkungan perkotaan atau paparan bahan kimia industri, dapat meningkatkan risiko PPOK.

3. Genetika

Faktor genetika juga dapat memainkan peran dalam meningkatkan risiko seseorang terkena PPOK.

Baca Juga:PENTING, ini Tanda-tanda Money Game Bakal Scam seperti LC MiningMirip YouTube, ini 3 Aplikasi Penghasil Uang Hanya dari Nonton Video

4. Paparan Asap Pekerjaan

Beberapa pekerjaan atau industri tertentu yang melibatkan paparan debu, gas, atau partikel-partikel berbahaya dapat meningkatkan risiko PPOK.

Gejala PPOK

Adapun gejala saat seseorang mulai terserang penyakit PPOK diantaranya:

1. Batuk Kronis

Batuk yang berlangsung selama lebih dari dua bulan secara berkesinambungan.

2. Produksi Dahak Berlebihan

Penderita PPOK seringkali menghasilkan dahak dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

3. Kesulitan Bernapas

Terutama selama aktivitas fisik, dan ini dapat semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

4. Chest Tightness (Rasa Tegang di Dada)

Sensasi tertekan atau tegang di dada.

Pencegahan PPOK

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terserang penyakit PPOK ini, sudah sering kali diedukasikan kepada masyarakat, diantaranya:

0 Komentar