8 Penyebab HP Mati Secara Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI penyebab HP mati dan cara mengatasinya. (freepik)
ILUSTRASI penyebab HP mati dan cara mengatasinya. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Penyebab HP mati secara tiba-tiba bisa karena banyak hal, kamu perlu mencari tahu penyebabnya dari penggunaan sehari-hari atau dari riwayat kejadian yang pernah dialami oleh HP tersebut.

Pada dasarnya ada dua sebab HP menjadi mati secara tiba-tiba, bisa karena sofware atau perangkat lunak didalamnya, seperti sitem, pengaturan atau lainnya.

Penyebab kedua adalah dari perangkat keras atau hardwarenya, bisa jadi karena terjadi sesuatu terhadap HP ini, misalnya terbentur, jatuh, masuk ke air dan lain sebagainya.

Baca Juga:Terapi Meringankan Batuk Pilek Tanpa Harus Ke DokterVIRAL dr Qori Kabur dari Rumah Karena KDRT, Ini yang Harus Dilakukan Jika Menjadi Korban KDRT

Untuk mengatasi Hp yang mati tiba-tiba harus diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Ada HP mati yang masih bisa diatasi dan diupayakan untuk kembali hidup lagi serta bisa bekerja normal lagi, namun ada yang sudah parah hingga benar-benar mati.

Karenanya kamu perlu mengidentifikasi, penyebab kematiannya agar mengetahui tingkat keparahan yang terjadi pada HP tersebut.

Penyebab HP mati

HP yang tiba-tiba mati dan tidak mau hidup lagi meski sudah berulang kali dipencet tombol on offnya, bisa jadi karena beberapa hal, kemungkinannya bisa dari masalah pada baterai, CPU ataupun software di dalamnya.

Berikut beberapa penyebab hp mati secara tiba-tiba :

1. HP Panas

Penggunaan HP yang terlalu lama atau berada dibawah sinar matahari langsung, bisa menyebabkan panas pada perangkat didalamnya, hal ini bisa dideteksi dengan mudah karena saat diraba HP akan terasa panas.

2. Baterai Rusak

Kerusakan pada baterai menjadi penyebab terbanyak HP mati secara tiba-tiba. Jika Baterai mengalami kerusakan, maka aliran arusnya tidak akan tepat, namun kerusakan ini biasanya ditandai dengan daya yang cepat habis.

3. Gangguan Software atau Aplikasi Tertentu

Gangguan pada software juga membuat HP bisa tiba-tiba mati, selain itu, terdapat aplikasi yang menyebabkan ketidakstabilan perangkat lunak, sehingga menyebabkan ponsel mati sendiri. Solusinya, coba copot pemasangan aplikasi pengelola penghemat baterai.

4. Baterai Lemah

Jika ponsel tiba-tiba mati, coba ingat-ingat lagi, apakah baterainya memang lemah atau tidak. Mengutip laman HTC, untuk memastikannya, hubungkan ponsel ke pengisi daya, kemudian akan terlihat level baterai.

0 Komentar