8 Penyebab HP Mati Secara Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI penyebab HP mati dan cara mengatasinya. (freepik)
ILUSTRASI penyebab HP mati dan cara mengatasinya. (freepik)
0 Komentar

5. Casing Tidak Cocok

Casing Hp yang tidak cocok bisa menyebabkan berkurangnya ruang baterai. Untuk memeriksanya, lepas casing. Perhatikan, apakah handphone mati secara tiba-tiba kembali atau tidak.

6. Cache Menumpuk

Cache merupakan file sampah di ponsel yang biasanya dibiarkan sampai menumpuk. Semakin sering kamu menggunakan cache, maka semakin banyak cache yang menumpuk.

Ketika cache jarang dibersihkan, fungsi hp pun bisa berpengaruh. Masalah yang bisa terjadi seperti mati secara tiba-tiba atau aplikasi yang sering crash ketika digunakan.

Baca Juga:Terapi Meringankan Batuk Pilek Tanpa Harus Ke DokterVIRAL dr Qori Kabur dari Rumah Karena KDRT, Ini yang Harus Dilakukan Jika Menjadi Korban KDRT

7. Mengaktifkan Jadwal On-Off Otomatis

Penyebab selanjutnya dari ponsel yang mati secara tiba-tiba adalah aktifnya sistem on off secara otomatis. Untuk mengeceknya, periksa pengaturan. Jika pengaturan daya hidup dan mati aktif, maka segera nonaktifkan.

8. Tombol Daya Macet

Kemungkinan penyebab terakhir yaitu tombol power hp yang macet atau tidak berfungsi, sehingga membuat ponsel mati. Coba tekan tombol daya beberapa kali dan pastikan tombol berfungsi dengan lancar.

Biasanya reset akan menyelesaikan semua jenis masalah yang berhubungan dengan perangkat lunak. Namun perlu diketahui, reset bisa menghapus semua data yang ada di memori ponsel. Semoga informasi ini membantu ya.

Cara Mengatasi HP mati sendiri

Jika ponsel Anda tiba-tiba mati dan tidak dapat dihidupkan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Cek Baterai

Pastikan baterai ponsel Anda memiliki daya yang cukup. Sambungkan ponsel ke charger dan biarkan beberapa saat sebelum mencoba menghidupkannya kembali.

2. Reboot Force

Lakukan reboot paksa pada ponsel Anda. Caranya dapat berbeda tergantung pada merek dan modelnya. Umumnya, tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun atau atas selama beberapa detik hingga ponsel restart.

3. Hidupkan Kembali

Setelah reboot paksa, coba hidupkan ponsel Anda kembali dengan menekan tombol daya.

Baca Juga:iKONIC Siap-siap!! Konser iKON Jakarta 2023 Sudah Didepan Mata, ini Rundown dan Larangan yang Diterapkan Penyelenggara8 Ciri-Ciri Cowok Green Flag dan ‘Red Flag’. Begini Cara Mengenalinya

4.Cabut dan Pasang Kembali Baterai (jika mungkin)

Jika ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, coba cabut baterai dan pasang kembali setelah beberapa detik, lalu coba hidupkan kembali.

5. Mode Aman

Beberapa ponsel memiliki opsi untuk masuk ke “mode aman” yang memungkinkan Anda menjalankan sistem dengan aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan. Coba hidupkan ponsel dalam mode ini dan lihat apakah masalahnya tetap ada.

0 Komentar