BAHAYA!, ini Penyebab Kepala Charger HP Panas dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI mengatasi Charger HP panas. (freepik)
ILUSTRASI mengatasi Charger HP panas. (freepik)
0 Komentar

1. Saat HP sedang dicas, sebaiknya jangan sambil digunakan.

Saat menggunakan HP sambil diisi dayang, maka kepala charger akan mudah panas karena suhunya meningkat denagn cepat.

Menggunakan ponsel ketika pengisian daya dilakukan merupakan kesalahan besar. Ketika hal tersebut dilakukan, HP, baterai, dan charger bekerja lebih keras. Kerusakan pun mudah terjadi.

2. Jangan Terlalu lama mengisi daya HP

Tidak perlu harus mengisi daya hingga 100 persen, bahkan ada yang mengisi saya sampai semalaman, dan tidak mencabutnya meski sudah 100 persen.

Baca Juga:Roy Shakti Ingatkan Investasi HSI Potensi Scam: Logika Konsep Bisnisnya Dimana?Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan, Seperti Kondisi yang Dialami Aurel Hermansyah

Padahal pengisian 90% merupakan angka baterai yang sudah cukup untuk dicabut setelah dicas.

3. Jangan Sampai HP mati baru di isi daya

Jangan mengisi ulang daya baterai ketika angkanya sudah mencapai 0% alias HP mati total. Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang akan berdampak sangat buruk pada kesehatan baterai. Kepala charger pun akan cepat panas dan rusak.

Isi ulang daya baterai di angka 10% sampai 15% agar baterai charger akan baik-baik saja.

4. Posisi Jack Harus Tepat

Ketika mendapati kepala charger panas, periksa apakah jack yang menghubungkan HP dengan charger dalam posisi yang tepat atau tidak. Jack yang berada di posisi yang tepat, tidak miring, tidak longgar, alias pas masuk semua akan memastikan arus listrik dapat didistribusikan dengan baik dan pada tempatnya.

Hal berbeda akan terjadi jika jack miring dimana arus yang didistribusikan tidak optimal karena sebagian terbuang percuma. Jack dalam posisi yang tepat juga akan meminimalisir masalah jika kondisi arus listrik tidak stabil. Kerusakan dan masalah listrik yang menimpa ponsel dan kepala charger bisa diminimalisir.

5. Cek Aplikasi yang Bekerja di Background

Sama seperti di Windows, Android juga memungkinkan penggunanya untuk menjalankan aplikasi dan program bekerja di latar belakang tanpa terdeteksi. Dalam kasus kepala charger panas, pengisian daya baterai akan cepat dilakukan jika tidak ada aktivitas yang dilakukan di HP, baik yang disengaja atau tidak.

HP memang tidak digunakan tetapi ada aplikasi dan sistem yang sedang memperbaharui dirinya, data seluler yang keluar masuk (download dan bertukar pesan), dan kegiatan lain yang terjadi di belakang layar. Hal tersebut akan memperberat kinerja charger ketika pengisian daya dilakukan dan bisa berakibat panas.

0 Komentar