Sejenis Biji-Bijian, Ketahui Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan

Sejenis Biji-Bijian, Ketahui Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan (ilustrasi: Freepik)
Sejenis Biji-Bijian, Ketahui Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Quinoa merupakan sejenis biji-bijian yang berasal dari Amerika Selatan, khususnya dari wilayah Andes. Mengandung gizi tinggi, ketahui apa saja manfaat quinoa.

Quinoa dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti nasi atau hidangan lain seperti, seperti salad, sup, atau digunakan sebagai pengganti nasi atau pasta.Kaya aka kandungan gizi di dalamnya, quinoa telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang yang peduli akan kesehatan dan nutrisi dalam makanan mereka.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari mengonsumsi quinoa bagi kesehatan, di antarnya:

Baca Juga:8 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak yang Perlu DihindariKetahui Beberapa Contoh Penerapan Etika dalam Bisnis

Manfaat Quinoa

  • Kaya akan nutrisi

Quinoa protein nabati dan asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, dan serat yang baik bagi tubuh.

  • Sumber antioksidan

Quinoa mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu dalam melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

  • Gluten-free

Bagi penderita intoleransi atau alergi terhadap gluten, manfaat quinoa dapat menjadi alternatif yang baik karena alaminya bebas gluten.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan tinggi serat, protein nabati, dan lemak sehat dalam quinoa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah.

  • Menyokong penurunan berat badan

Quinoa rendah indeks glikemiknya, yang berarti dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan seratnya juga memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu pengendalian nafsu makan.

  • Membantu pencernaan

Manfaat quinoa dapat membantu dalam masalah pencernaan, karena serat dalam quinoa dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Mendukung kesehatan tulang

Kandungan fosfor, magnesium, dan protein dalam quinoa dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

 

0 Komentar