AJAIB, Ternyata ini Manfaat Mandi Sebelum Subuh dari Sisi Medis

Ilustrasi Mandi sebelum subuh. (freepik)
Ilustrasi Mandi sebelum subuh. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Mandi sebelum subuh selalu dianjurkan Rosulullah, ternyata dari sisi medis, mandi sebelum subuh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya memiliki manfaat secara spiritual yang akan mempermudah seseorang untuk melaksanakan ibadah saja, mandi sebelum subuh juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan bisa mengobati beberapa penyakit.

Hal ini juga dibenarkan oleh dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra dr. Aru W. Sudoyo, yang menyebutkan bahwa mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif.
Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat.

Baca Juga:Penting Diperhatikan, ini Aturan Kampanye Pemilu 2024 Lengkap dengan Larangan-larangannya sesuai PKPUPaling Baru! ini Daftar 5 Kosmetik Berbahaya yang Dirilis BPOM RI

” Selama seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah.” Ujarnya.

Hal yang senada juga di ungkapkan dr. Midi Hariyani yang merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan. dr Midi menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.

“Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan.
Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan.” ungkapnya.

Cara kerja dari metabolisme yang disebutkan dokter tersebut adalah saat jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak. Sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit. Sehingga kulit tampak lebih fresh.

Untuk mereka yang memiliki penyakit berat sebaiknya mandi dengan suhu air hangat (bukan panas) yang mendekati suhu tubuh sehingga sistem penyesuaian atau adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa.

Manfaat Mandi Sebelum Subuh

Berikut manfaat mandi sebelum subuh dari sisi medis.

1.Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar.

Baca Juga:Daftar Libur, Cuti Bersama dan Peringatan Hari Penting di Bulan Desember 2023Tips Cara Menghemat Penggunaan Paket Data di Ponsel Android Saat Tidak Ada Wifi

Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

0 Komentar