7 Cara Pencegahan Pneumonia, Wabah yang Kian Melonjak di China

Ilustrasi/ Cara Pencegahan Pneumonia yang Dapat Dilakukan Masyarakat/ Pexels/ cottonbro studio
Ilustrasi/ Cara Pencegahan Pneumonia yang Dapat Dilakukan Masyarakat/ Pexels/ cottonbro studio
0 Komentar

KURASI MEDIA – Wabah pneumonia di China kian melonjak, anak-anak menjadi pasien yang mendominasi terjangkitnya penyakit tersebut.

Masyarakat yang merasa khawatir, tentunya akan mencari cara bagaimana pencegahan pneumonia agar bisa mengurangi risiko terjangkitnya wabah tersebut.

Dilansir dari Antara, Komisi Kesehatan Nasional China menyatakan bahwa peningkatan kasus penyakit pernapasan terkait dengan penyebaran patogen yang sudah dikenal, terutama influenza, pneumonia mikoplasma, virus pernapasan syncytial, rhinovirus, adenovirus, dan COVID-19.

Baca Juga:Apakah Penyakit Pneumonia Menular? Ini PenjelasannyaApa Itu Penyakit Pneumonia? Kenali 4 Tanda Bahaya Pneumonia Salah Satunya Nyeri Dada

Selain itu, faktor tambahan yang turut berkontribusi pada penyebaran virus adalah masuknya musim dingin. Tahun ini menjadi musim dingin pertama di China setelah kebijakan nol COVID dicabut hampir setahun yang lalu.

Bagaimana Cara Pencegahan Pneumonia?

Dilansir dari laman WHO, WHO merekomendasikan beberapa cara pencegahan Pneumonia berikut ini agar masyarakat di Tiongkok dapat mengurangi risiko penyakit pernapasan tersebut:

1. Vaksinasi yang Direkomendasikan

WHO memberikan saran kepada masyarakat di Tiongkok untuk mengikuti vaksinasi yang direkomendasikan sebagai langkah preventif terhadap penyakit pernapasan, termasuk pneumonia.

2. Menjaga Jarak dengan Orang yang Sedang Sakit

Cara yang sederhana seperti menjaga jarak dengan individu yang sedang sakit dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit pernapasan, termasuk pneumonia.

3. Tinggal di Rumah Saat Sakit

WHO merekomendasikan agar masyarakat yang sedang sakit tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain.

4. Tes dan Perawatan Medis Sesuai Kebutuhan

Masyarat juga penting untuk melakukan tes dan menerima perawatan medis sesuai kebutuhan agar mendapatkan diagnosis dan penanganan dini.

5. Pemakaian Masker dengan Benar

Tak hanya itu, memakai masker sebagaimana mestinya dapat menjadi langkah yang efektif dalam melindungi diri dari penularan penyakit pernapasan, salah satunya pneumonia.

6. Memastikan Ventilasi yang Baik

Baca Juga:Kapan Drama Park Seo Joon dan Han So Hee Tayang? Ini Tanggal dan Sinopisnya!Sinopsis Film Panggonan Wingit Tayang 30 November, Kisah Horor Diangkat dari Kisah Nyata?

Masyarakat direkomendasikan untuk memastikan ventilasi yang baik di lingkungan sekitar. Hal ini juga merupakan faktor penting dalam pencegahan penyakit pernapasan.

7. Mencuci Tangan Secara Teratur

WHO menekankan pentingnya mencuci tangan secara teratur sebagai cara yang higienis untuk mencegah penyebaran infeksi, termasuk yang dapat menyebabkan pneumonia.

Demikian dapat diketahui cara pencegahan pneumonia agar masyarakat dapat waspada dan dapat mengurangi risiko terjangkitnya penyakit tersebut.

0 Komentar