Selain Memiliki Manfaat, Ketahui Juga Bahaya Penggunaan Behel

Selain Memiliki Manfaat, Ketahui Juga Bahaya Penggunaan Behel (ilustrasi: Freepik)
Selain Memiliki Manfaat, Ketahui Juga Bahaya Penggunaan Behel (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Penggunaan behel atau kawat gigi selain memiliki berbagai manfaat, behel atau kawat gigi juga memiliki potensi bahaya yang mungkin terjadi. Apa saja bahaya penggunaan behel atau kawat gigi?

Penting untuk berkonsultasi secara teratur dengan dokter gigi ortodontik kamu selama proses penggunaan kawat gigi dan pastikan kamu mengikuti petunjuk perawatan yang diberikan untuk meminimalkan potensi masalah atau risiko yang mungkin terjadi.

Berikut ini beberapa masalah yang berpotensi bahaya dari menggunaan behel atau kawat gigi, di antaranya:

Baca Juga:Selain Menambah Kepercayan Diri, Berikut Manfaat Lain Penggunaan BehelKetahui Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Bahaya Penggunaan Behel

  • Risiko Cedera atau Irritasi

Kawat gigi dapat menyebabkan gesekan atau luka pada bibir, pipi, atau gusi, terutama pada awal pemakaian.

Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan pada gigi atau rahang selama beberapa hari setelah pemasangan kawat gigi.

  • Risiko Infeksi

Bahaya penggunaan behel yaitu dapat meningkatan produksi plak atau makanan yang terjebak di sekitar kawat gigi dapat meningkatkan risiko peradangan gusi atau terbentuknya kerak bakteri.

  • Kerusakan pada Gigi atau Struktur Lain

Bisa terjadi kerusakan atau lecet pada enamel gigi akibat gesekan dengan kawat.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penggunaan kawat gigi yang tidak sesuai dapat menyebabkan resorpsi akar gigi, di mana akar gigi mulai menipis atau mengecil.

  • Risiko Pengembangan Karies

Bahaya penggunaan behel yaitu sulit membersihkan area di sekitar kawat gigi, meningkatkan risiko perkembangan karies atau lubang pada gigi.

  • Pembentukan Plak

Kawat gigi dapat menjadi tempat plak menumpuk, menyebabkan masalah kesehatan mulut seperti radang gusi atau gigi berlubang.

Baca Juga:Ketahui Cara Penulisan Hingga Struktur dalam Review JurnalKetahui Langkah-Langkah Pembuatan Presentasi PowerPoint

  • Rasa Tidak Nyaman dan Keterbatasan Makanan

Bahaya penggunaan behel dapat membatasi konsumsi makanan tertentu yang dapat menempel pada kawat, seperti permen keras atau makanan lengket.

  • Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam kawat gigi atau aksesori ortodontik lainnya.

  • Ketidakcocokan Estetika

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan penampilan kawat gigi, terutama pada keadaan estetika tertentu, misalnya dalam situasi sosial tertentu.

 

0 Komentar