Ketahui Kandungan Buah Monstera yang Miliki Manfaat dan Risiko Tersendiri

Ketahui Kandungan Buah Monstera yang Miliki Manfaat dan Risiko Tersendiri (ilustrasi)
Ketahui Kandungan Buah Monstera yang Miliki Manfaat dan Risiko Tersendiri (ilustrasi)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Buah Monstera, atau yang dikenal juga sebagai buah dari tanaman Monstera deliciosa ini memiliki beberapa kandungan dan manfaat yang menarik. Namun, penting untuk diketahui bahwa buah Monstera jarang dikonsumsi secara luas karena beberapa varietasnya mengandung zat oksalat yang dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan mulut jika dikonsumsi sebelum matang sepenuhnya.

Karena risiko iritasi yang dimilikinya, buah Monstera jarang dikonsumsi dalam jumlah besar. Lebih baik lagi untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter sebelum mencobanya.

Sementara buah Monstera memiliki potensi manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa sebagian besar fokus pada tanaman ini adalah pada daunnya yang cantik dan bukan pada buahnya yang jarang dikonsumsi.

Baca Juga:Rekomendasi Pernak-Pernik Natal yang Menjadikan Perayaan Lebih MeriahKenali Karakteristik Tanaman Tropis Monstera yang Miliki Buah Unik

Namun, jika seseorang tertarik untuk mencoba buah Monstera, penting untuk memahami cara mempersiapkannya dengan benar dan memastikan bahwa buah tersebut matang sepenuhnya untuk menghindari risiko iritasi.

Berikut ini terdapat beberapa informasi tentang kandungan dan manfaat dari buah Monstera, antara lain:

Kandungan Buah Monstera

  • Vitamin dan mineral

Buah Monstera memiliki berbagai kandungan seperti vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalsium, zat besi, dan fosfor.

  • Enzim bromelain

Miliki kandungan bromelain yang merupakan enzim yang juga ditemukan dalam nanas dan dapat membantu dalam pencernaan makanan.

Manfaat Buah Monstera (jika dikonsumsi secara tepat)

  • Sumber nutrisi

Buah Monstera memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh guna menjaga kesehatan secara umum.

  • Antioksidan

Kandungan vitamin C dan A pada buah Monstera berperan sebagai antioksidan, membantu melawan radikal bebas hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Pencernaan

Kandungan enzim bromelain dalam buah Monstera dapat membantu pencernaan dengan memecah protein dalam makanan.

 

0 Komentar