Doa yang Diperkenankan Ketika Lupa Membaca Doa Makan dalam Islam

Lupa Membaca Doa Makan dalam Islam
Lupa Membaca Doa Makan dalam Islam
0 Komentar

KURASI MEDIA – Dalam Islam, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa sebelum melakukan setiap aktivitas, termasuk ketika hendak makan. Namun, jika kita lupa membaca doa makan dan baru teringat di tengah-tengah makan?

Tak jarang kita lupa membaca doa makan sebelum makan, dan terkadang menyadari kesalahan itu di tengah-tengah santap.

Jangan khawatir, Islam selalu memberikan kemudahan kepada umatnya, dan lupa adalah hal manusiawi yang kerap terjadi.

Baca Juga:Ramalan Zodiak 14 Desember 2023 yang Paling Beruntung dari Finansial dan CintaRamalan Shio 14 Desember 2023, 3 Shio yang Diprediksi Bakal Dibanjiri Keberuntungan

Doa yang Diperkenankan Ketika Lupa Membaca Doa Makan

Dalam Islam, jika kita lupa mengucapkan doa sebelum makan, ada doa khusus yang bisa dibaca untuk memperbaiki kesalahan tersebut:

“بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ” (Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu)

Artinya: “Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.” Petunjuk ini sesuai dengan hadits Rasulullah, sebagaimana terdapat dalam kitab “Zadul Ma’ad” karya Ibnhu Qayyim Al-Jauziyah.

Imam Nawawi, seperti yang dikutip dari kitab Al-Adzkar, juga menegaskan pentingnya membaca doa tersebut jika seseorang lupa membaca “bismillah” di awal makan. Dengan membaca “Bismillaah awwalahu wa akhirahu,” kesalahan tersebut dapat diperbaiki.

Konsekuensi Ketika Tidak Membaca Doa Sebelum Makan

Ternyata, ada konsekuensi serius jika kita tidak membaca doa sebelum menyantap hidangan. Rasulullah SAW menyatakan bahwa jika nama Allah tidak disebutkan pada saat makan, setan akan menghalalkan makanan tersebut. Firman beliau:

“إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ الَّذِى لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ” (HR. Abu Daud no 3766)

Artinya: “Sesungguhnya setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya.”

Maka dari itu, membaca doa sebelum makan bukan hanya sekadar anjuran, melainkan sebuah kewajiban. Selain membaca “bismillah,” Rasulullah SAW juga memberikan petunjuk agar kita makan dengan tangan kanan.

Petunjuk Rasulullah Tentang Cara Makan yang Benar

Selain doa, Rasulullah SAW juga memberikan petunjuk tentang cara makan yang benar. Beliau menyarankan untuk membaca “bismillah,” memulai makan dengan tangan kanan, dan menikmati hidangan yang ada di hadapan kita. Sebagaimana beliau katakan:

“يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ” (HR. Bukhari: 5376 dan Muslim: 2022)

Baca Juga:Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kusam dan Membuatnya Glowing ala Generasi ZTempat Wisata Surga Tersembunyi Jawa Barat Hanya dengan Rp 10 Ribu!

Artinya: “Wahai anak muda, bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan santaplah makanan yang ada di hadapanmu, seperti itulah cara makan yang kubiasakan.”

Dengan menjaga adab makan, serta memahami doa lupa baca doa makan, kita dapat memastikan bahwa setiap hidangan yang kita nikmati mendapatkan berkah dari Allah SWT.

0 Komentar