Bukan Tahlilan, Ini Yang Harusnya Dibaca Saat Malam Jumat

ILUSTRASI: Tahlilan malam jumat
ILUSTRASI: Tahlilan malam jumat (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Tahlilan menjadi tradisi bagi sebagaian orang yang selalu dilakukan setiap malam jumat. Meski ada tuntunan untuk membaca kalimat tahlil, namun melakukan tahlilan berbeda dengan yang dimaksud kalimat tahlil.

Kalimat tahlil yang berbunyi:

لا إله إلا الله

Lā ilāha illa l-Lāh

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah SWT

Merupakan kalimat tauhid yang bermakna kesaksian bahwa Tuhan dari umat Islam adalah Allah yang hanya ada satu.

Sementara tahlilan merupakan sebuah rangkaian ayat-ayat Al quran dari beberapa surat, yang digabungkan dengan doa-doa dan dzikir.

Baca Juga:Jadwal Tayang Lengkap Drama China The Last Immortal, Zhao Lusi Kembali Jadi Dewi Pencari KeabadianSelain Welcome To Samdalri, Ini 4 Drama Tentang Persahabatan yang Kocak Abis

Melakukan tahlilan saat malam jumat memang bukan suatu hal yang dilarang, namun sebaiknya bukan hanya tahlilan, namun ada beberapa surat lainnya yang sebaiknya juga dibaca saat malam jumat.

Hal ini karena beberapa surat tersebut ada tuntunannya bahkan diajarkan langsung oleh Rosulullah sehingga menjadi sunnah.

Beberapa amalan sunnah malam Jumat seperti membaca surat Yasin dan surat Al-Kahfi, serta memperbanyak sholawat, doa dan dzikir.

Hal ini karena ada keutamaan yang besar saat surat-surat tersebut dibaca pada hari jumat.

Rasulullah SAW menyebutkan hari Jumat sebagai hari yang agung:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri,” begitu bunyi hadis yang diriwayatkan Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad.

Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak amalan pada malam Jumat.

“Disunnahkan pada hari jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk”.

Berikut beberapa surat yang baik di baca pada Malam Jumat.

Baca Juga:Naskah Khutbah Jumat Tentang Mengingat KematianHempaskan Kanker Dengan Khasiat Daun Binahong, Ini Manfaat lainnya

1. Membaca Surat Yasin

Keutamaan membaca Surat Yasin disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Bagi pembaca Surat Yasin pada malam Jumat, niscaya Allah SWT akan mengabulkan hajatnya.

0 Komentar