Bukan Tahlilan, Ini Yang Harusnya Dibaca Saat Malam Jumat

ILUSTRASI: Tahlilan malam jumat
ILUSTRASI: Tahlilan malam jumat (freepik)
0 Komentar

Dalam riwayat lain, Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairoh Ra. disebutkan bahwa “Barangsiapa membaca Yaasiin di malam jum’at, maka paginya diampuni dosanya”.

Surat Yasin bisa dibaca usai menjalani sholat fardhu seperti Maghrib dan Isya. Atau bisa juga dibaca jelang tidur.

2. Membaca surat Al Kahfi

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi, salah satunya adalah dapat memberi cahaya di antara dua Jumat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

Baca Juga:Jadwal Tayang Lengkap Drama China The Last Immortal, Zhao Lusi Kembali Jadi Dewi Pencari KeabadianSelain Welcome To Samdalri, Ini 4 Drama Tentang Persahabatan yang Kocak Abis

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” sebagaimana bunyi HR. ad-Darimi 3470 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, 6471

3. Membaca sholawat

Membaca sholawat adalah amalan yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Amalan ini juga dianjurkan untuk dikerjakan saat malam Jumat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

4. Memperbanyak dzikir

Berdzikir bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat malam Jumat, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dengan kalimat-kalimat tahlil, tasbih, takbir, tahmid, dan hauqolah.

Utsman ibnu Affan ketika ditanya mengenai makna al-baqiyah ash shalihat ini, ia menjawab bahwa hal itu adalah ucapan:

Laa ilaaha illallah, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar dan La haula wa laa quwwata illa billah.

Baca Juga:Naskah Khutbah Jumat Tentang Mengingat KematianHempaskan Kanker Dengan Khasiat Daun Binahong, Ini Manfaat lainnya

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Mahasuci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan Allah Mahabesar, dan tidak ada upaya (untuk menghindari kedurhakaan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali hanya dengan (pertolongan) Allah, Yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

Demikian beberapa amalan sunnah malam Jumat yang bisa dikerjakan oleh umat muslim. Semuanya hendaknya dimulai dengan niat yang lurus semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT.

0 Komentar