Contoh Surat Pernyataan Pengawas TPS Pemilu 2024

Contoh Surat Pernyataan Pengawas TPS Pemilu 2024
Contoh Surat Pernyataan Pengawas TPS Pemilu 2024
0 Komentar

KURASI MEDIA – Bawaslu akan membuka rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2024. Berikut contoh surat pernyataan pengawas TPS pemilu 2024.

Panwaslu kecamatan/pengawas kelurahan akan membentuk pengawas TPS sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2020 pasal 23. Salah satu dokumen yang diperlukan bagi calon pengawas TPS adalah surat pernyataan pengawas TPS pemilu 2024.

Surat pernyataan pengawas TPS pemilu 2024 ini berisi beberapa poin yang perlu ditekankan oleh calon pengawas TPS.dan bersedia ditugaskan di seluruh TPS di wilayah kelurahan/desa sesuai dengan domisili.

Baca Juga:Bocoran Kamera Spektakuler dari Galaxy S Ultra40 Ide Kado Menarik untuk Merayakan Hari Ibu 2023

Bawaslu sendiri belum mengumumkan jadwal pendaftaran pengawas TPS untuk Pemilu 2024. Namun, menurut laman Instagram Bawaslu RI, pendaftaran akan segera dibuka. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, pengawas TPS harus terbentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 hari setelah hari pemungutan suara.

Pemilu 2024 dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024, sehingga pengawas TPS harus terbentuk paling lambat pada tanggal 22 Januari 2023.

Bagi Anda yang berminat menjadi pengawas TPS Pemilu 2024, beberapa persyaratan perlu diperhatikan. Calon pengawas TPS harus menjadi Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 25 tahun saat mendaftar. Integritas, keahlian terkait pemilu, dan pendidikan setidaknya setara dengan sekolah menengah atas juga menjadi kriteria yang harus dipenuhi. Selain itu, calon pengawas TPS harus bersedia mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik dan jabatan politik atau pemerintahan selama masa keanggotaan.

Untuk mendapatkan contoh surat pernyataan pengawas TPS Pemilu 2024 dan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi sumber resmi dari Bawaslu.

Bergabunglah dan wujudkan integritas Pemilu 2024 bersama kami! Jadilah bagian dari pengawasan yang adil dan transparan untuk masa depan yang lebih baik.

                                       CONTOH SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ………………………………………………………………………..
Jenis Kelamin : Laki-Laki / Perempuan
Tempat dan Tanggal Lahir : ………………………………………………………………………..
Usia : ………………………………………………………………….…….
Pekerjaan / Jabatan : ………………………………………………………………….…….
Alamat : ………………………………………………………………….…….
Nomor Telepon : ……………………………………………………………….……….
Email : ………………………………………………………………….…….

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya:
1) Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
2) Sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkotika;
3) Tidak pernah menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka

0 Komentar