Naskah Khutbah Jumat Tentang Ibu dan Kemuliaannya, Cocok Menjadi Pengingat Bagi yang Jauh dari Orang Tua

ILUSTRASI: Khutbah Jumat tentang ibu. (freepik)
ILUSTRASI: Khutbah Jumat tentang ibu. (freepik)
0 Komentar

Dalam Al-Quran, Allah SWT menggambarkan dalam surat Luqman ayat 14

وَوَصَّيْنَاالْاِنْسَانَبِوَالِدَيْهِۚحَمَلَتْهُاُمُّهٗ وَهْنًاعَلٰىوَهْنٍوَّفِصَالُهٗ فِيْعَامَيْنِاَنِاشْكُرْلِيْوَلِوَالِدَيْكَۗاِلَيَّالْمَصِيْرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

Kehadiran kita di dunia ini, tidak dapat kita pungkiri, adalah dengan sebuah pengorbanan yang sangat besar dari ibu kita.

Tanpa adanya ibu kita, kita ini tidak akan bias terlahir di muka bumi ini. Seorang ibu juga memiliki peran penting di dalam keluarga, mulai dari mengandung hingga membesarkan anak.

Baca Juga:Drama Gyeongseong Creature, Adu Akting Park Seo Joon dan Han So Hee Untuk Lumpuhkan MonsterAplikasi Penghasil Uang BBH VIRAL di TikTok, Disebut Investasi Ilegal yang Bakal Scam Menyusul Media Simonida

Bahkan sering terdengar bahwa ada pepatah yangt mengatakan surge berada di bawah telapak kaki ibu.

Hal ini memiliki arti bahwa kita semua harus berbakti dan juga menghormati seorang ibu.

Seorang ibu memiliki kedudukan tertinggi dalam Islam. Telah dijelaskan dalam satu hadis dari Abu Hurairah ra berkata

عَنْأَبِيهُرَيْرَةَ، قَالَقَالَرَجُلٌيَارَسُولَاللَّهِمَنْأَحَقُّبِحُسْنِالصُّحْبَةِقَالَ ‏ “‏ أُمُّكَثُمَّأُمُّكَثُمَّأُمُّكَثُمَّأَبُوكَثُمَّأَدْنَاكَأَدْنَاكَ ‏”.‏

“Seseorang dating kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi SAW menjawab, ‘Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari).”

Apabila kita lihat dari hadist ini, berapa kali nabi menyebutkan nama ibumu, ibumu, danibumu.

Karena mengapa. Seorang ibulah yang berjuang mati-matian, bahkan seorang ibu rela mati demi anaknya.

Lalu kita sebagai anak, sudahkah kita berbakti kepadanya? apa yang sudah kita berikan kepada ibu kita. Sudahkah kita mendo’akan ibu kita?

Hadirin jama’ah sholat jumat yang dirahmati Allah.

Baca Juga:Heboh Ditemukan 300 Batu Ginjal dalam Perut Wanita di Taiwan, Ternyata ini Penyebab dan Gejalanya20 Quotes Tentang Kasih Sayang Ibu dari Tokoh Terkenal, Ada Iwan Fals, Tere Liye Hingga Bunda Theresa

Marilah kita sejenak luangkanlah waktu kita sebagai anak untuk berbakti kepada orang tua kita, terutama kepada ibu kita, selagi beliau masih hidup, karena penyesalan akan dating apabila orang tua kita sudah tiada.

Bahkan, jadikanlah itu menjadi prioritas waktumu. Jadikanlah berbakti kepada ibu sebagai kesempatan untuk meraih ridho-Nya dan mendapatkan keutamaan pahalanya.

0 Komentar