Tips Menyimpan Sayuran dan Daging Agar Tetap Segar dan Awet

Tips Menyimpan Sayuran dan Daging Agar Tetap Segar dan Awet
Sayuran dan daging (freepik)
0 Komentar

Kurasi Media – Pernahkah kamu kebingungan saat sudah membeli bahan pokok sayur dan daging bagaiamana sih cara penyimpanananya? dan pada akhirnya kita menempatkan bahan-bahan tersebut dengan utuh tanpa diproses terlebih dahulu, sehingga membuat bahan-bahan tersbeut cepat sekali layu, tidak segar dan bahkan membusuk.

Nah, namun sekarang kamu tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini admin akan memberikan tips bagaiamana cara penyimpanan bahan pokok agar awet dan tetap segar.

dilansir dari Chef Norman Ismail saat dalam acara Cooking Class bersama Chandra Asri di Jakarta pada Rabu (4/10), Chef Norman membagikan tips menyimpan sayuran dan daging agar tetap segar dan awet. Yuk, simak tipsnya!

Sayuran

  1. Simpan dalam keadaan utuh dan kering. Sayuran yang dipotong-potong akan lebih cepat membusuk. Oleh karena itu, simpanlah sayuran dalam keadaan utuh dan kering. Kamu bisa membungkusnya dengan tisu dapur untuk menyerap kelembapan.
  2. Jangan simpan di freezer. Sayuran segar akan rusak jika disimpan di freezer.
  3. Untuk sayuran yang akan dimasak keesokan harinya, kamu bisa memotongnya dan merebusnya semalam sebelumnya. Lalu, simpan dalam wadah plastik dan simpan di kulkas.
  4. Tips lainnya, kamu bisa membungkus sayuran dengan tisu dapur yang dibasahi. Lalu, masukkan ke dalam wadah plastik dan buat lubang kecil di tutupnya. Sayuran akan tahan hingga seminggu.

Daging

  1. Simpan dalam keadaan kering dan tidak perlu dicuci. Cuci daging setelah dikeluarkan dari kulkas.
  2. Jika membeli daging di supermarket, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam freezer.
  3. Jika membeli daging di pasar, keringkan dengan tisu dapur dan masukkan ke dalam plastik. Pastikan tidak ada udara di dalam plastik atau di vakum.
  4. Daging yang akan digunakan dalam dua hari ke depan bisa disimpan di kulkas. Namun, jika ingin disimpan dalam jangka waktu yang lama, simpan di freezer.

Tips Menyimpan Sayuran dan Daging dengan Wadah Plastik

  1. Wadah plastik seperti thinwall sangat berguna untuk menyimpan sayuran dan daging.
  2. Warna-warna yang biasanya ada pada wadah plastik bisa digunakan untuk membedakan bahan-bahan masakan.
  3. Dengan menyimpan sayuran dan daging dalam wadah plastik, makanan akan lebih awet dan proses penyimpanannya pun lebih mudah.
0 Komentar