Hari No Bra Day, Ini Manfaat Tak Menggunakan Bra untuk Perempuan

No Bra Day
No Bra Day
0 Komentar

KURASI MEDIA- Hari Tanpa Bra, atau yang lebih dikenal sebagai “No Bra Day,” dirayakan setiap tahun pada tanggal 13 Oktober. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan payudara bagi perempuan, termasuk deteksi dini kanker payudara.

Awalnya, No Bra Day diinisiasi oleh seorang dokter bedah plastik asal Kanada bernama Mitchell Brown pada tahun 2011. Brown memiliki tujuan mulia, yaitu untuk mendorong perempuan agar melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara. Inisiatifnya berawal dari Breast Reconstruction Awareness (BRA) Day, yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada perempuan yang menjalani mastektomi. Tak lama kemudian, aktivis di seluruh dunia mulai menggaungkan tagar #nobraday.

Gerakan ini menjadi viral dan akhirnya, 13 Oktober secara resmi ditetapkan sebagai Hari Tanpa Bra yang diperingati di seluruh dunia. Tujuan dari Hari Tanpa Bra Sedunia adalah mengajak para perempuan untuk tidak memakai bra atau beha sebagai tanda kepedulian terhadap penyintas kanker payudara yang setelah menjalani operasi pengangkatan payudara harus menggunakan bra untuk menopang payudara buatan.

Baca Juga:Rekomendasi Laptop Harga Murah Kualitas Super Canggih, Cocok untuk MahasiswaRekomendasi HP Cuma 2 Jutaan, Spesifikasi Canggih Gak Nguras Kantong Simak di Sini!

Harapannya adalah dengan adanya peringatan ini, para perempuan akan lebih menyadari bahaya kanker payudara dan pentingnya tindakan pencegahan.

Manfaat Tidak Memakai Bra

Bra atau beha telah menjadi bagian penting dari pakaian perempuan. Mengenakan bra dapat membuat payudara terlihat lebih kencang dan memberikan rasa percaya diri dalam beraktivitas. Namun, saat ini, semakin banyak perempuan yang memilih untuk tidur tanpa mengenakan bra. Tidak memakai bra sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pilihan busana, termasuk penggunaan bra, dapat memengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Sebuah studi dari Jepang menunjukkan bahwa mengenakan bra yang ketat dapat memengaruhi sirkulasi darah dengan cara yang tidak menguntungkan. Saat mengenakan bra, tekanan pada pembuluh darah di sekitar dada dapat memperlambat sirkulasi. Jika ini berlangsung terlalu lama, hal ini dapat berisiko menyebabkan masalah kardiovaskular.

  1. Tidur yang Lebih Nyenyak

Meskipun belum ada penelitian yang pasti yang mengonfirmasi hubungan antara mengenakan bra saat tidur dengan risiko kanker payudara, mengenakan bra saat tidur dapat mengganggu kenyamanan tidur dan siklus tidur Anda. Penelitian dari Jepang menemukan bahwa mengenakan bra saat tidur dapat memengaruhi jam biologis tubuh, sehingga Anda mungkin mengalami kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

0 Komentar