Depresi Bisa Memengaruhi Daya Ingat Seseorang

Depresi Bisa Memengaruhi Daya Ingat Seseorang
Depresi Bisa Memengaruhi Daya Ingat Seseorang. (Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Depresi dapat memengaruhi daya ingat seseorang. Menurut Mayo Clinic, masalah ingatan adalah salah satu gejala depresi dan ini bisa menjadi masalah serius. Kendati kelupaan ini sering hanya bersifat sementara, tetap penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mengobatinya dengan benar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Trends in Neurosciences pada tahun 2018 menjelaskan dampak depresi terhadap daya ingat. Orang yang mengalami depresi mungkin kesulitan mengingat informasi, terutama hal-hal positif. Gangguan ini tidak hanya membuat mereka merasa tertekan, tetapi juga dapat menjadi tanda depresi yang lebih parah. Gangguan ini juga dapat meningkatkan kecemasan yang selanjutnya memengaruhi daya ingat.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara depresi dan kehilangan ingatan mengenai detail riwayat hidup. Gejala depresi tidak hanya terkait dengan kinerja memori secara umum, melainkan juga dengan memori yang terfokus pada hal-hal negatif. Perubahan otak akibat depresi adalah salah satu faktor yang menyebabkan ingatan negatif lebih mudah disimpan daripada ingatan positif.

Baca Juga:Akibat Surat Lamaran Dibuat Pakai ChatGPT, Pelamar Ini Ditolak KerjaMudah Memar, Tanda Penyakit Serius?

Memang belum diketahui secara pasti bagaimana depresi menyebabkan kehilangan ingatan. Namun, peneliti berpendapat bahwa depresi mengubah otak secara fisik, sehingga mempengaruhi perhatian dan kemampuan belajar serta mengingat informasi baru atau sebelumnya. Namun, penurunan perhatian dan daya ingat ini hanya bersifat sementara dan akan pulih ketika depresi teratasi.

Jika Anda mengalami masalah daya ingat yang terkait dengan depresi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis untuk mendiagnosis dan merencanakan perawatan yang tepat. Mengobati depresi dengan bantuan dokter atau melalui perawatan non-farmakologis dapat membantu mengatasi masalah daya ingat.

Ada harapan untuk mengobati kehilangan memori terkait depresi. Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa jenis meditasi yang berfokus pada kebaikan dan kasih sayang diri dapat meningkatkan daya ingat bagi orang yang mengalami depresi.

Mengetahui penyebab kehilangan ingatan sangat penting, karena jika itu disebabkan oleh depresi, gejalanya dapat diobati. Namun, jika ada masalah lain yang mendasari, dokter dapat membantu menentukan penyebab sebenarnya dari kehilangan ingatan. Ingatlah bahwa tidak semua kehilangan ingatan bersifat permanen dan dapat dipulihkan terutama jika penyebabnya adalah depresi.

0 Komentar