Buah Ajaib, Ini Manfaat Kulit Semangka yang Tak diketahui Orang

ILUSTRASI: Manfaat kulit semangka (freepik)
ILUSTRASI: Manfaat kulit semangka (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Manfaat kulit semangka ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Bukan hanya daging buahnya saja, ternayta kulitnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Hal ini karena kulit semangka memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup bagus untuk diambil manfaatnya. Seperti serat, aneka macam vitamin, likopen, flavonoid dan masih banyak lagi.

Dimana setiap nutrisi tersebut ada khasiatnya untuk kesehatan, seperti menjadi antioksidan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti radang, meangkal radikal bebas dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga:10 Cara Move On dari Mantan yang Sulit Dilupakan4 Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan Upaya Mencegah Tidak Kotor

Semangka memiliki rasa manis ditengah daging buahnya yang mengandung cukup banyak kandungan air, sehingga sangat cocok sebagai penangkal dehidrasi.

Jenis semangka di Indonesia ada banyak, ada semangka tanpa biji, semangka merah, semangka kuning, juga da semangka inul, yang berbentuk bulat memanjang dan ukuran lebih kecil.

Manfaat Kulit Semangka

Kulit semangka memiliki beberapa manfaat dan kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan, diantaranya:

1. Antioksidan

Kulit semangka mengandung antioksidan seperti likopen, flavonoid, dan karotenoid, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

2. Serat

Kulit semangka mengandung serat makanan, yang dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengatur gula darah.

3. Vitamin dan Mineral

Kulit semangka mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin B, potasium, dan magnesium. Vitamin C penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, sementara potasium dapat membantu menjaga tekanan darah normal.

4. Zat Antiinflamasi

Beberapa senyawa yang terdapat dalam kulit semangka memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca Juga:Cara Gampang Memindahkan File dari Laptop ke HP Tanpa Kabel Data atau AplikasiViral, Tips Menata Keuangan Ala Frugal Living, Gaya Hidup Baru yang Banyak Diikuti

5. Kandungan Kulit

Kulit semangka juga mengandung senyawa seperti citrulline, yang telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk peningkatan aliran darah dan penurunan tekanan darah.

6. Penggunaan Kulit sebagai Makanan

Beberapa resep memasak menggunakan kulit semangka, seperti kulit semangka yang digoreng, digiling, atau direbus, yang dapat menjadi camilan sehat dan menyenangkan.

0 Komentar