Hari Angklung Sedunia 2023 Berikut Fakta Unik dan Menarik yang Perlu Kamu Ketahui!

Hari Angklung Sedunia 2023
Hari Angklung Sedunia 2023
0 Komentar

Fakta Menarik Mengenai Angklung

Angklung, alat musik yang unik, terbuat dari dua tabung bambu atau lebih dengan bagian alas. Pemain memainkannya dengan menggoyangkan atau menggetarkan pangkal bambu, menciptakan nada khas. Meskipun satu angklung hanya menghasilkan satu nada, keindahan harmoni dapat tercipta ketika dimainkan secara bersama-sama.

Berakar dari Jawa Barat, angklung telah ditemukan sejak 400 tahun lalu. Tradisi membuat angklung dari bambu hitam setiap tahunnya tidak hanya menjadi bentuk seni, tetapi juga ritual untuk menarik perhatian Dewi Sri, dewi padi dan kemakmuran.

Upaya Pelestarian dan Peringatan Hari Angklung Sedunia

Di Indonesia, angklung terus dipelihara melalui pembentukan komunitas dan pertunjukan di berbagai acara. Kesenian angklung juga telah meraih popularitas internasional, dengan banyak seniman angklung diundang untuk tampil di berbagai negara.

Baca Juga:Cuma Live Streaming Dapatkan Saldo DANA Gratis di Aplikasi Penghasil Uang, Terbukti Membayar?4 Bedak Waterproof yang Wajib Kamu Coba untuk Tampilan Makeup Tetap Fresh Sepanjang Hari!

Dalam rangka memperingati Hari Angklung Sedunia pada tanggal 16 November, berbagai kegiatan bisa dilakukan, seperti melakukan program publikasi dan edukasi, mempelajari budaya kesenian angklung, serta berpartisipasi dalam kegiatan tematik Hari Angklung Sedunia.

Dengan menyebarkan informasi dan memasang twibbon, kita dapat bersama-sama merayakan kekayaan budaya Indonesia yang diwakili oleh Angklung.

0 Komentar