Ini Aturan Konsumsi Gula Pasir Bagi Pasien Diabetes

Ini Aturan Konsumsi Gula Pasir Bagi Pasien Diabetes
Ini Aturan Konsumsi Gula Pasir Bagi Pasien Diabetes
0 Komentar

KURASI MEDIA – Shri Rejeki Wahyuningrum, SKM, RD, ahli gizi di Fasilitas Pelayanan Gizi, mengatakan bahwa penderita diabetes dapat tetap mengonsumsi gula asalkan jumlahnya tidak melebihi 5 persen dari total kebutuhan kalori harian.

“Gula tidak boleh lebih dari 5 persen dari total kebutuhan kalori harian, tapi masih diperbolehkan. Kami biasanya menggunakannya untuk penyedap rasa, bukan untuk minum teh atau sirup,” katanya.

Jika Anda ingin mengonsumsi sesendok madu yang mengandung karbohidrat sederhana, Anda perlu mengurangi asupan buah harian Anda.
Menurut Wahyuningrum, satu sendok makan madu setara dengan satu porsi buah.

Baca Juga:Bentol Akibat Digigit Kutu Bisa Jadi Alergi, Ini Kata Ahlinya!Menggunakan Bedak untuk Mengeringkan Keringat Tidak Bagus untuk Kesehatan Kulit?

Oleh karena itu, ia menyarankan agar penderita diabetes mengurangi asupan buah harian mereka dari empat porsi menjadi tiga porsi sehari.

“Jika Anda menambahkan gula pada permen dan meminumnya, rasanya hanya akan manis, tetapi jika Anda makan buah, ia akan mengandung vitamin dan serat makanan, dan serat makanan akan membantu menurunkan kadar gula darah, dengan kata lain, hanya meminum minuman manis. Padahal, kandungan nutrisinya lebih banyak,” jelasnya.

Wahyuningrum mengingatkan bahwa nutrisi adalah salah satu pilar manajemen diabetes baginya, dan juga bagi orang yang tidak menderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, tujuan dari diet ini adalah untuk mengontrol atau mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi kadar lemak jika penderita diabetes terkena tekanan darah tinggi atau hiperkolesterol.

Makanan yang dikonsumsi harus seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda: protein, lemak, dan karbohidrat.

Disarankan agar penderita diabetes membatasi asupan karbohidrat sederhana, karena konsumsi yang berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, pasien juga harus memperhatikan vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga:Tawarkan Kemudahan, Kymco Rilis Tiga Terebosan Baterai Listrik MotorPasien Diabetes dengan Obesitas Bisa Lakukan Latihan Fisik Ini!

Ketika kita berbicara tentang pilar pengobatan diabetes, tidak hanya nutrisi yang tepat, tetapi juga olahraga teratur yang merangsang pelepasan insulin secara alami, hormon yang mengarah pada penurunan kadar gula darah.

0 Komentar