HP Tak Mau Diisi Daya, ini Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Benar

ILUSTRASI: Mengatasi HP yang tidak mau diisi daya. (Freepik)
ILUSTRASI: Mengatasi HP yang tidak mau diisi daya. (Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – HP tak mau diisi daya menjadi masalah yang banyak dialami oleh pemilik smartphone. Masalah ini bisa timbul karena berbagai hal, salah satunya karena kebiasaan buruk dalam memperlakukan HP.

Namun banyak orang mencari jalan pintas dengan membeli alat pengisi daya batu atau charger, padahal kadang kala permasalahannya bukan pada kabel data atau charger-nya, melainkan dari port HP-nya atau masalah dalam sistem operasi.

HP yang tak mau diisi daya sering membuat kita kesal, apalagi bila HP sedang sangat dibutuhkan namun baterai habis. Karenanya permasalahan tersebut harus segera diatasi agar tidak berlarut-larut menimbulkan masalah lain, mengingat saat ini HP menjadi kebutuhan utama bagi manusia modern.

Baca Juga:GRATIS!! 25 Link Twibbon Hari Guru Nasional (HGN) 2023 Desain Paling Keren dan AesthetikReview Drama Only For Love Episode 31-36, Benarkah Bakal Happy Ending?

Penyebab HP tak Mau diisi Daya

Beberapa hal yang menyebabkan Hp tak mau diisi ulang daya di antaranya :

1. Debu atau Kotoran

Port pengisian daya mungkin tertutup oleh debu atau kotoran, menghambat koneksi yang baik antara kabel pengisian daya dan port.

2. Kerusakan Kabel atau Charger

Kadang-kadang, kabel pengisian daya atau charger itu sendiri yang mengalami kerusakan. Ini bisa terjadi pada konektor atau kabel yang rusak.

3. Port Pengisian Daya yang Rusak

Port pengisian daya pada perangkat HP itu sendiri mungkin mengalami kerusakan fisik.

4. Perangkat Lunak atau Sistem Operasi

Beberapa masalah dapat berkaitan dengan perangkat lunak atau sistem operasi di perangkat HP yang mencegah pengisian daya dengan benar.

Cara Mengatasi HP tak Mau Diisi Daya

Untuk mengatasi masalah Hp yang tidak mau diisi daya bisa melakukan beberapa langkah sesuai dengan penyebabnya. Karenanya sangat penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Bersihkan Port

Gunakan kompresor udara atau sikat lembut untuk membersihkan debu atau kotoran dari port pengisian daya. Pastikan perangkat dimatikan sebelum membersihkannya.

Baca Juga:Line Up Golden Disc Award 2024 Bocor, Ini Artis yang Diprediksi Akan DatangCut Syifa Borong Dua Penghargaan Dalam SCTV Awards 2023, Ini Daftar Lengkap Pemenangnya

2. Ganti Kabel atau Charger

Cobalah menggunakan kabel pengisian daya atau charger yang berbeda untuk melihat apakah masalahnya terletak pada perangkat tersebut.

3. Periksa Port Pengisian

Periksa secara visual port pengisian daya pada perangkat HP untuk melihat apakah ada kerusakan fisik. Jika iya, perbaikan mungkin diperlukan.

0 Komentar