5 Keunggulan RAM (Random Access Memory) dalam Menyimpan Data

5 Keunggulan RAM (Random Access Memory) dalam Menyimpan Data (ilustrasi: Freepik)
5 Keunggulan RAM (Random Access Memory) dalam Menyimpan Data (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – RAM (Random Access Memory) merupakan penyimpanan data yang sedang digunakan atau diproses secara sementara oleh prosesor. Apa keunggulan RAM jika dibandingkan dengan penyimpanna data lain?

RAM memiliki beberapa perbedaan dengan penyimpanan permanen seperti hard drive atau SSD yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Selain itu, RAM juga dibaderol dengan harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan penyimpanan permanen. Kapasitas RAM yang besar juga tidak selalu diperlukan untuk penggunaan sehari-hari.

Berikut ini terdapat beberapa keunggulan dari penggunaan RAM, di antaranya:

Keunggulan RAM (Random Access Memory)

  • Kecepatan Akses Tinggi

Miliki kecepatan dalam mengakses lebih cepat dibandingkan dengan penyimpanna lain, Keunggulan RAM ini memungkinkan data untuk diakses oleh CPU dengan cepat, meningkatkan kinerja keseluruhan sistem.

Baca Juga:9 Cara untuk Memperoleh Tidur yang Berkualitas di Malam HariKetahui 7 Keunggulan Penggunaan Memori Internal

  • Sifat Volatil

RAM bersifat volatil, yang berarti data yang disimpan di dalamnya hilang saat daya listrik dimatikan. Ini berbeda dengan penyimpanan permanen yang menyimpan data bahkan ketika daya listrik dimatikan.

  • Jenis RAM

Ada beberapa jenis RAM yang umum digunakan, seperti DDR (Double Data Rate), DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5. Setiap jenis memiliki kecepatan transfer data yang berbeda-beda.

  • Multitasking yang Lebih Baik

Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak program atau proses yang dapat dijalankan secara bersamaan tanpa mengalami penurunan kinerja. Ini memungkinkan untuk melakukan multitasking dengan lancar, seperti menjalankan beberapa aplikasi atau program yang berat secara bersamaan.

  • Responsif terhadap Penggunaan Aplikasi

Besarnya kapasitas RAM dapat membuat aplikasi lebih responsif. Loading aplikasi, transfer data, dan respons terhadap perintah pengguna menjadi lebih cepat dan lancar.

 

0 Komentar