Doa dan Dzikir Usai Sholat Magrib, Paling Lengkap sesuai Ajaran Rosulullah

ILUSTRASI:Doa dan Dzikir usai Sholat Magrib. (pexels)
ILUSTRASI:Doa dan Dzikir usai Sholat Magrib. (pexels)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Doa dan dzikir usai sholat magrib merupakan salah satu amalan yang paling banyak mendapatkan pahala. Pasalnya waktu seusai sholat magrib merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Selain itu, waktu sholat magrib merupakan salah satu waktu paling sempit untuk menjalankan ibadah, dibanding waktu sholat lainnya.

Sehingga banyak orang meninggalkan dzikir di waktu ini, dan memilih waktu lain yang durasinya lebih linggar. Padahal pahala yang diberikan lebih besar dibandingkan dengan membaca dzikir setelah sholat lainnya.

Baca Juga:Heboh IGStory V BTS Potong Rambut, Isyaratkan Siap Masuk Wamil, Banyak Netizen TantrumBertabur Bintang Terkenal, Ini 5 Drakor Tayang Desember 2023 Yang Paling Ditunggu

Bagi yang mengetahuinya, pasti tidak akan pernah melewatkan waktu sekalipun untuk meninggalkan dzikir seusai sholar fardhu, salah satunya sholat magrib.

Hal ini karena dzikir merupakan bukti kedekatan hamba kepada Rabbnya, karena dzikir sendiri bermakna sebagai mengingat Allah. Sehingga hamba yang selalu ingat kepada Tuhannya pasti akan memiliki kedekatan.

Apabila seorang hamba sudah dekat dengan Tuhannya, maka apapun yang hamba tersebut minta pasti akan dengan mudah dikabulkan oleh Tuhan. Karenanya, sebelum memanjatkan doa, sebaiknya baca dzikir terlebih dahulu.

Dilansir dari Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 2 karya Wahbah az-Zuhaili, setelah sholat fardhu disunnahkan untuk membaca dizikir dan doa, sebagaimana yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT seperti pada firman-Nya pada surah Al A’raf ayat 205,

وَٱذْكُر رَّبَّكَ فِى نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ ٱلْجَهْرِ مِنَ ٱلْقَوْلِ بِٱلْغُدُوِّ وَٱلْءَاصَالِ وَلَا تَكُن مِّنَ ٱلْغَٰفِلِينَ

Artinya : “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

Dari ayat tersebut bisa diketahui betapa pentingnya melakukan amalan dzikir yang satu ini.

Baca Juga:PENTING!, Ini 10 Cara Menghilangkan Lemak Perut Tanpa DietLirik Sholawat Al-Hijrotu, Syahdu Penuh Makna Tentang Perjuangan Rosulullah

Doa dan Dzikir usai Sholat Magrib

Melansir buku Hafalan Luar Kepala Bacaan Shalat: Dzikir dan Doa Pilihan, serta Juz ‘Amma karya Abdul Kanzul Makhfi, berikut ini urutan lafadz dzikir setelah sholat Maghrib:

Dzikir Pertama:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ , اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلامُ وَمِنْكَ السَّلامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلالِ وَالْإِكْرَامِ

Astaghfirullah astaghfirullah astaghfirullah, Allahumma antas salaam wa minkas salaam, tabaarakta dzal jalaali wal ikraam

Artinya: Aku meminta ampun kepada Allah (3x). Ya Allah, Engkau Pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Pemilik keagungan dan kemuliaan.”

0 Komentar