Ketahui Unsur-Unsur Penting Manajemen Produksi dalam Bisnis

Ketahui Unsur-Unsur Penting Manajemen Produksi dalam Bisnis (ilustrasi: Freepik)
Ketahui Unsur-Unsur Penting Manajemen Produksi dalam Bisnis (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Manajemen produksi dalam bisnis merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahkan, dan pengendalian dari aktivitas produksi untuk menghasilkan barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan efisien.

Tujuan dari manajemen produksi sendiri merupakan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada, seperti tenaga kerja, peralatan, bahan baku, dan waktu, proses tersebut dilakukan guna mencapai tingkat produksi yang optimal dengan biaya yang terjangkau. 

Perlu diketahui terdapat unsur-unsur dalam manajemen produksi, di antaranya: 

Unsur-Unsur dalam Manajemen Produksi

  • Perencanaan Produksi

Proses perencanaan produksi melibatkan penetapan tujuan produksi, peramalan permintaan, penentuan jumlah dan jenis barang atau jasa yang akan diproduksi, serta perencanaan sumber daya yang diperlukan seperti tenaga kerja, peralatan, dan bahan baku.

Baca Juga:Ketahui Beberapa Unsur Penting dalam Manajemen PemasaranDapat Membentuk Otot, Ini Manfaat Lain Gerakan Abdominal Crunch

  • Perencanaan Kapasitas

Proses ini berkaitan dengan penentuan kapasitas produksi yang diperlukan agar dapat memenuhi permintaan pasar dalam jangka panjang.

  • Pengendalian Persediaan

Manajemen produksi melibatkan pengendalian persediaan, guna meminimalkan biaya penyimpanan sembari memenuhi permintaan pelanggan.

  • Perencanaan Proses Produksi

Proses ini sebagai penentuan proses produksi yang akan digunakan serta alur produksi yang efisien untuk mencapai tujuan produksi yang diinginkan.

  • Pengaturan Aliran Kerja

Proses ini menyangkut pengaturan aliran kerja atau proses produksi secara efisien dengan memperhatikan waktu, tenaga kerja, dan sumber daya lainnya untuk menghasilkan output yang optimal.

  • Pengawasan Kualitas

Manajemen produksi juga mencakup pengawasan dan pengendalian kualitas produk yang diproduksi agar memenuhi standar yang telah ditetapkan.

  • Pengendalian Biaya Produksi

Proses mengelola biaya produksi agar tetap efisien tanpa mengorbankan kualitas produk yang dihasilkan.

  • Pengembangan Produk dan Inovasi

Melakukan pengembangan produk baru dan berinovasi untuk memenuhi perubahan kebutuhan pasar dan meningkatkan daya saing perusahaan.

Baca Juga:7 Komponen Penting Pengawasan dalam BisnisKetahui Beberapa Komponen Perbedaan Harga dalam Bisnis

  • Pemeliharaan Peralatan

Proses pemeliharaan dan perawatan peralatan produksi agar tetap dalam kondisi optimal untuk mendukung proses produksi yang lancar.

  • Pengelolaan Tenaga Kerja

Manajemen produksi juga melibatkan pengelolaan tenaga kerja, termasuk pengembangan keterampilan, peningkatan efisiensi kerja, motivasi, dan manajemen konflik. 

0 Komentar