Perjuangan Kiki Fatmala Lawan Komplikasi Kanker, Begini Gejala dan Ciri-cirinya

Kiki Fatmala saat menjalani pengobatan.
Kiki Fatmala saat menjalani pengobatan.
0 Komentar

KURASI MEDIA – Berita duka datang dari dunia hiburan tanah air, artis papan atas Indonesia, Kiki Fatmala menghembuskan nafas terakhirnya pada 1 Desember 2023 diusianya ke 56 tahun.

Berita duka tersebut diketahui dari unggahan keluarganya di akun Instagram pribadi Kiki Fatmala di @qq_fatmala pada 1 Desember 2023 sekitar pukul 09.00 WIB pagi.

Selain mengabarkan kepergiaan artis yang terkenal sebagai gadis Warkop DKI ini, keluarga juga meminta semua pihak untuk memberikan ruang berduka bagi keluarga.

Baca Juga:Sukses Only For Love, Nama Miles Wei Kini Diburu Netizen, Ini SosoknyaCara Menghadapi Stigma HIV/AIDS dan Upaya Pencegahannya

Bahkan keluarga mengimbau bagi sahabat yang akan mengirimkan karangan bunga, untuk mengurungkan niatnya, dan lebih baik mengalihkannya untuk menyumbang di badan amal.

Kabar duka ini langsung viral di berbagai media sosial, hingga banyak yang mencari tahu apa penyebab kematiannya. Meski keluarga tidak menyebutkan apa penyebab kematiannya, namun banyak yang menduga karena penyakit yang selama ini dideritanya, yakni Kanker.

Pada November 2021, Kiki Fatmala diketahui mengidap Kanker Paru stadium 4, hal ini diketahui dari unggahan Kiki fatmala sendiri pada salah satu postingannya di Instagram tertanggal 20 April 2022.

“19 November 2021 hari semuanya berubah. Itu adalah hari dimana saya didiagnosis menderita Kanker Paru-Paru Stadium IV,” tulisnya.

Penyakit kanker paru stadium IV atau stadium akhir tersebut bahkan membuatnya diprediksi hanya memiliki sisa umur sekitar 6 bulan.

Namun dia tidak putus harapan dan sejak didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium IV tersbeut, kiki mengaku langsung menjalani pengobatan hingga ke Singapura.

Kiki juga membagikan perjalanan proses pengobatan seperti menjalani radioterapi, kemoterapi, dan terapi imun sampai akhirnya sembuh di bulan April 2022.

Baca Juga:Profil Cha Eun Woo, MC Golden Disc Awards 2024 JakartaGratis! 5 Web Photo Editor untuk Hapus Background Foto dengan Mudah

“Ini adalah sebuah perjalanan yang menunjukkan saya bahwa mukjizat itu nyata dan untuk menghargai setiap momen dalam perjalanan yang disebut kehidupan ini,” ungkapnya.

Namun di beberapa media disebutkan sebelum meninggal Kiki mengalami komplikasi kanker, sehingga diduga Kiki kembali mengidap kanker lain dalam tubuhnya.

Mengenal Gejala Kanker Paru

Dilansir dari laman Kemenkes, Kanker paru merupakan salah satu penyakit yang mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat.
Biasanya kanker paru akan sangat mudah terjadi kepada seseorang yang sering terpapar dengan asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif.

0 Komentar