Apa Itu Hari Artileri Nasional? Diperingati Setiap 4 Desember, Ini Sejarahnya

Simak sejarah Hari Artileri Nasional yang diperingati setiap 4 Desember berikut ini/ Dok. Tni.mil.id
Simak sejarah Hari Artileri Nasional yang diperingati setiap 4 Desember berikut ini/ Dok. Tni.mil.id
0 Komentar

KURASI MEDIA – Pada 4 Desember 2023 ini, diperingati Hari Artileri Nasional. Namun tahukah mengapa ada peringatan tersebut? Berikut penjelasan sejarahnya.

Dikutip dari laman KBBI, arti dari artileri adalah senjata untuk melontarkan proyektil, pasukan tentara yang bersenjata berat, dan ilmu tentang mempergunakan senjata.

Sementara itu, istilah artileri seperti yang dilansir dalam laman Stekom, pertama kali muncul pada abad pertengahan, berasal dari kata serapan bahasa Prancis Kuno “atellier,” yang artinya “mengatur,” dan “attillement,” yang berarti “peralatan.”

Baca Juga:Oknum Penipuan Give Away Baim Wong Nekat Edit KTP Palsu, Masyarakat Diminta Waspada Jangan TertipuHari Ini, Jadwal Konser Gratis Yura Yunita di Central Park Jakarta

Pada abad ke-13, seorang “artillier” merujuk kepada pembuat senjata perang, dan dalam 250 tahun berikutnya, istilah “artileri” mengalami sedikit perubahan untuk mencakup berbagai jenis senjata perang.

Sejarah Hari Artileri Nasional

Pada 4 Desember 1945, Letnan Jendral Urip Sumohardjo secara resmi meresmikan pendirian Markas Artileri.

Letnan Kolonel R.M Pratikno Suryosumarno menjabat sebagai Komandan pertama Markas Artileri, yang merupakan bagian dari jawatan persenjataan Markas Besar Tentara (MBT) yang berbasis di Yogyakarta.

Peresmian ini dilakukan seiring dengan peringatan tanggal kelahiran Artileri Internasional pada 4 Desember 1945, yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Korps Artileri TNI AD.

Sejalan dengan perkembangannya, tanggal ini dijadikan sebagai hari jadi Korps Armed TNI AD.

Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed) merupakan bagian integral dari struktur Artileri Medan dan berada di bawah Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed).

Tugas utama Pusdik Armed adalah menyelenggarakan pendidikan kecabangan Artileri Medan untuk mendukung tugas Pussenarmed Kodiklat TNI AD.

Baca Juga:Daftar Tarif Tol JORR Terbaru 4 Desember 2023, Resmi NaikCara Menemukan Fitur Energy Saver Windows 11, Mode Hemat Terbaru!

Markas Komando Pusdik Armed terletak di Jalan Baros, berhadapan dengan akses keluar tol Baros, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Itulah informasi seputar arti artileri dan juga sejarah Hari Artileri Nasional yang diperingati setiap 4 Desember.

0 Komentar