6 Bahaya Duduk Terlalu Lama Saat Bekerja, Lakukan Gerakan Ini Untuk Mencegahnya

ILUSTRASI: Duduk Terlalu lama yang berbahaya. (freepik)
ILUSTRASI: Duduk Terlalu lama yang berbahaya. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Duduk terlalu lama saat bekerja ternyata bisa berdampak serius pada kesehatan tubuh. Meski banyak yang bilang, pekerjaan tersebut ringan hanya duduk, namun jika dilakukan dalam durasi panjang dan jangka waktu lama, bisa berakibat fatal.

Dampak ini mungkin tidak akan tampak dalam waktu dekat, namun jika terus dilakukan tanpa ada upaya meminimalisir resiko, maka bahaya bisa mengancam kapan saja.

Jangan biarkan tubuh dalam posisi yang sama selama kurun waktu yang lama, karena pada hakekatnya tubuh butuh untuk digerakkan untuk mengoptimalkan kerja dan fungsi anggota tubuh.

Baca Juga:Rekomendasi Investasi Emas yang Aman di Indonesia dan Bentuk Skemanya Wajib tahu! Ini Cara Aktivasi Fitur Kontrol Orang Tua di iPhone dan Android

Bahaya Duduk Terlalu lama

Duduk terlalu lama saat bekerja dapat memiliki beberapa dampak negatif pada kesehatan. Beberapa bahaya kesehatan yang terkait dengan gaya hidup yang kurang aktif, terutama di tempat kerja, diantaranya:

1. Masalah Postur Tubuh

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan masalah postur tubuh, seperti punggung bungkuk, leher tegang, dan ketegangan otot.

2. Masalah Punggung

Posisi duduk yang tidak ergonomis dapat menyebabkan sakit punggung, terutama di bagian bawah punggung.

3. Masalah Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah sirkulasi darah.

4. Obesitas

Gaya hidup yang kurang aktif dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas, yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan lainnya.

5. Penurunan Produktivitas

Meskipun terlihat kontradiktif, duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan penurunan produktivitas. Konsentrasi dan energi dapat menurun setelah duduk dalam waktu yang lama.

6. Penyakit Metabolik

Pemakaian energi yang rendah akibat kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit metabolik lainnya.

Baca Juga:Sinopsis Drakor Doctor Slump, Park Hyun Sik dan Park Shin Hye Bakal Saingan Jadi Dokter JeniusSudah Dibuka Hari ini, Begini Cara Daftar Mudik Gratis Nataru dari Kemenhub

Langkah Mengurangi Bahaya Duduk Terlalu lama

Untuk mengurangi risiko bahaya yang ditimbukan, dan mencegah munculnya berbagai bahaya tersebut, disarankan untuk melakukan beberapa langkah-langkah berikut:

1. Berdiri dan Bergerak

Cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan sejenak setiap jam sekali selama bekerja.

2. Peregangan

Lakukan peregangan ringan untuk menjaga fleksibilitas otot dan mencegah kekakuan.

3. Ergonomi Tempat Kerja

Pastikan meja dan kursi Anda sesuai dengan postur tubuh Anda, sehingga Anda dapat duduk dengan nyaman tanpa menimbulkan tekanan berlebih pada tubuh.

0 Komentar