Jadi Warisan Budaya Unesco, Ini 10 Jenis Jamu Tradisional Paling Populer di Pulau Jawa

ILUSTRASI: Jamu Tradisional yang populer di Jawa. (freepik)
ILUSTRASI: Jamu Tradisional yang populer di Jawa. (freepik)
0 Komentar

4. Cabe Puyang

Jamu cabe puyang atau jamu pegal linu ini khasiat utamanya adalah menghilangkan pegal-pegal karena kecapekan, maupun sakit pinggang. Selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan kesemutan.

Jamu cabe puyang ini terdiri dari cabe jamu dan puyang, ditambahkan rempah dan bahan lainnya.

5. Pahitan

Bahan baku jamu pahitan adalah daun sambiloto atau brotowali. Tambahan lainnya dalam jamu ini cukup bervariasi ada yang sambiloto saja dan ada yang ditambahkan dengan bahan pahit lainnya seperti brotowali dan lainnya.

Baca Juga:Bukan Tahlilan, Ini Yang Harusnya Dibaca Saat Malam JumatJadwal Tayang Lengkap Drama China The Last Immortal, Zhao Lusi Kembali Jadi Dewi Pencari Keabadian

Jamu pahitan ini memiliki rasa paling pahit diantara jamu lainnya. Namun juga memiliki khasiat paling banyak dari lainnya, diantaranya mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes sampai sebagai terapi “cuci darah”. Juga bisa membersihkan darah kotor, sehingga membuat kulit menjadi terbebas dari jerawat.

6. Uyup-Uyup

Jamu uyup-uyup alis jamu gepyokan ini sangat baik bagi ibu-ibu yang dalam masa menyusui. Bahan pembuatan jamu uyup-uyuo ini dari empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bengle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring.

Selain berkhasiat meningkatkan produksi ASI, jamu gepyokan ini juga dipercaya menghilangkan bau badan yang kurang sedap baik pada ibu maupun bayinya dan juga bisa mengatasi kembung.

7. Kunci sirih

Bahan baku jamu ini sesuai dengan namanya, yaitu rimpang kunci dan daun sirih. Namun penjual biasanya juga menambahkan dengan buah asam dan aneka empon-empon.

Kunci Sirih ini sangat baik bagi wanita karena bisa menghilangkan masalah keputihan, menghilangkan bau badan, merapatkan bagian kewanitaan dan bisa memperkuat gigi.

8. Kudu laos

Bahan baku jamu kudu laos ini adalah laos yang ditumbuk dengan aneka bahan lain kemudian direbus. Rasanya segar dan bisa memberikan efek hangat dalam tubuh.

9. Galian Singset

Jamu galian singset ini terdiri dari kencur, temu lawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah tradisional lainnya.

Baca Juga:Selain Welcome To Samdalri, Ini 4 Drama Tentang Persahabatan yang Kocak AbisNaskah Khutbah Jumat Tentang Mengingat Kematian

Jamu galian singset ini dipercaya bisa menjaga kesehatan organ kewanitaan serta mengencangkan badan dan “miss V”.

10. Temulawak

Bahan dasar pembuatan jamu temulawak ini tentu saja temulawak dengan ditambahkan beberapa tambahan seperti asam jawa, Gula aren , daun pandan serta jinten.

0 Komentar