Selain Miliki Bunga yang Indah, Ketahui Juga Manfaat dari Biji Teratai

Selain Miliki Bunga yang Indah, Ketahui Juga Manfaat dari Biji Teratai (ilustrasi: Pixabay)
Selain Miliki Bunga yang Indah, Ketahui Juga Manfaat dari Biji Teratai (ilustrasi: Pixabay)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Biji teratai atau yang dikenal juga sebagai biji lotus, merupakan biji yang berasal dari bunga teratai. Biji ini merupakan bagian dari tanaman teratai yang memiliki beberapa karakteristik unik serta manfaat yang beragam.

Meskipun biji teratai memiliki manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan, penting untuk diingat bahwa sebelum mengonsumsi biji bunga ini atau menggunakan ekstraknya untuk tujuan medis, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih daulu dengan ahli kesehatan atau profesional yang berkualifikasi untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan sesuai dengan kondisi kamu.

Berikut ini terdapat beberapa karakteristik dan manfaat dari biji teratai, di antaranya:

Baca Juga:Terdapat Berbagai Kandungan Baik Bagi Tubuh, Ketahui Manfaat Gula Batu7 Manfaat Baik dari Konsumsi Biji Barley Bagi Kesehatan

Karakteristik Biji Teratai

  • Tahan Lama

Biji teratai memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem. Beberapa biji teratai yang sudah berusia ratusan tahun bahkan masih dapat berkecambah.

  • Kandungan Kimia

Miliki kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, flavonoid, dan beberapa enzim.

Manfaat Biji Teratai

  • Kuliner

Biji teratai dapat dimakan dan sering kali digunakan dalam kuliner Asia. Biji ini dapat direbus, digoreng, atau ditumis. Biji teratai diketahui memiliki rasa yang unik dengan tekstur yang renyah.

  • Kesehatan

Dipercaya memiliki manfaat kesehatan, Biji teratai diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu biji teratai juga mengandung berbagai nutrisi seperti protein, serat, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Keindahan Kulit

Kandungan minyak pada biji teratai sering kali digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit karena kandungan antioksidannya yang dapat membantu merawat dan menjaga kelembapan kulit.

  • Keberuntungan dan Simbolisme

Di beberapa budaya Asia, biji teratai dipercaya sebagai simbol keberuntungan, kekuatan, kebersihan, dan kesempurnaan karena kemampuannya tumbuh di atas lumpur tetapi menghasilkan bunga yang indah.

0 Komentar