Miliki Berbagai Jenis dan Kegunaan, Ketahui Kandungan dalam Kulit Pastry

Miliki Berbagai Jenis dan Kegunaan, Ketahui Kandungan dalam Kulit Pastry (ilustrasi: Freepik)
Miliki Berbagai Jenis dan Kegunaan, Ketahui Kandungan dalam Kulit Pastry (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Kulit pastry merupakan jenis adonan yang digunakan untuk membuat berbagai macam kue atau hidangan pastry. Kulit pastry memiliki tekstur yang khas, dengantampilan yang berlapis-lapis dan renyah ketika dipanggang.

Kulit pastry membutuhkan teknik khusus dalam pembuatannya, seperti metode pengulangan lipatan pada puff pastry untuk menciptakan lapisan-lapisan yang renyah. Penggunaan suhu dan teknik pemanggangan yang tepat juga sangat penting guna mencapai tekstur dan cita rasa yang diinginkan.

Selain itu, berbagai jenis kulit pastry memerlukan perlakuan yang berbeda dalam pengolahan dan proses pembuatannya.

Ketahui beberapa jenis kulit pastry yang umum digunakan, di antaranya:

Baca Juga:Berkembang Seiring Waktu, Ketahui 7 Fitur Canggih Pada KomputerSelain Miliki Bunga yang Indah, Ketahui Juga Manfaat dari Biji Teratai

Jenis-Jenis Kulit Pastry

  • Shortcrust Pastry (Kulit Pastry Kering)

Shortcrust Pastry terbuat dari tepung terigu, lemak seperti mentega atau lemak lainnya, sedikit air, dan garam. Pastry jenis ini juga digunakan untuk membuat pie, tart, quiche, dan hidangan pastry lainnya.

  • Puff Pastry (Kulit Pastry Lapis)

Terdiri dari lapisan-lapisan tipis adonan yang mengandung banyak lemak, seperti mentega atau lemak lainnya. Proses pembuatan pastry ini melibatkan pengulangan lipatan adonan dan lemak untuk menciptakan lapisan-lapisan yang renyah setelah dipanggang. Puff pastry digunakan untuk membuat croissant, mille-feuille, dan berbagai hidangan pastry lainnya.

  • Choux Pastry (Kulit Soes)

Choux Pastry mengandung air, mentega, tepung terigu, dan telur. Ketika dipanaskan dalam oven, pastry ini mengembang dan menciptakan struktur berongga di dalamnya. Choux pastry umumnya digunakan untuk membuat kue sus, éclair, dan profiterole.

Kandungan yang umum digunakan dalam pembuatan kulit pastry antara lain:

Kandungan Kulit Pastry

  • Tepung Terigu

Kulit Pastry menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar, bahan ini dapat memberikan struktur dan tekstur pada pastry.

  • Lemak

Mentega atau lemak lainnya digunakan untuk memberikan kelezatan dan tekstur yang renyah pada pastry. Dalam puff pastry sendiri, penggunaan lemak ini akan membuat lapisan-lapisan yang mengembang saat dipanggang.

  • Air

Berperan sebagai pengikat bahan-bahan dalam adonan pastry, air sangat dibutuhkan dalam pembuatan adonan ini.

  • Garam

Gram digunakan untuk memberikan sedikit rasa pada pastry dan juga untuk mengontrol aktivitas ragi pada beberapa jenis pastry.

0 Komentar