Pahami! Ini Penyebab Munculnya Jerawat Membandel pada Wajah 

Pahami! Ini Penyebab Munculnya Jerawat Membandel pada Wajah 
Pahami! Ini Penyebab Munculnya Jerawat Membandel pada Wajah 
0 Komentar

KURASI MEDIA – Dokter spesialis kulit dan kelamin dr.
Riris Asti Respati, Sp.DV dari Universitas Indonesia percaya bahwa masalah hormonal menyebabkan jerawat di usia dewasa, dan umumnya terjadi pada wanita.

“Karena logikanya kalau sudah melewati masa puber dan sudah dewasa, seharusnya sudah tidak berjerawat. Kalau masih berjerawat, kemungkinan itu adalah jerawat hormonal,” katanya dikutip dari berbagai sumber.

Jerawat hormonal dapat terjadi pada wanita dewasa yang berusia antara 25 hingga 30 tahun dan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Ketidakseimbangan hormon dapat dikaitkan dengan gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Baca Juga:OPPO Find N3 Hadir dengan Kapasitas Baterai Besar dan Desain Tipis Skincare dalam Make Up Berkerja Efektif untuk Kulit Wajah?

PCOS adalah penyakit pada wanita di mana sel telur tidak berkembang secara normal karena ketidakseimbangan hormon.

“Jerawat hormonal biasanya muncul terutama di bagian bawah wajah, dari pipi ke bawah,” jelas Riris.

Wanita memiliki banyak faktor risiko dan pemicu PCOS, mulai dari pola makan yang tidak sehat seperti asupan makanan dan minuman manis yang berlebihan hingga kelebihan berat badan.

Riris mengatakan bahwa makanan dan minuman manis tidak hanya memengaruhi hormon, tetapi juga merupakan pemicu utama semua jenis jerawat.

Selain jerawat, gejala lain dari PCOS termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan pada wajah dan tubuh, kebotakan pada pria, kutil pada leher dan ketiak, penambahan berat badan di perut, dan nyeri panggul.

“Jika Anda masih berjerawat saat dewasa, mengapa tidak berbicara dengan dokter Anda tentang kemungkinan ketidakseimbangan hormon? Ini karena perawatan jerawat hormonal berbeda dengan jerawat biasa,” tambah Riris .

Karena PCOS juga merupakan gangguan metabolisme, banyak gejalanya yang dapat diatasi melalui perubahan gaya hidup.

Baca Juga:Cegah Obesitas dengan Cara Ini, Dijamin Ampuh!Tips Konsumsi Makan Nasi Putih yan Tepat bagi Penderita Diabetes

Diet dan olahraga adalah kunci keberhasilan pengobatan dan kesehatan jangka panjang.

0 Komentar