Ketahui Beberapa Fungsi Jakun Pada Pria

Ketahui Beberapa Fungsi Jakun Pada Pria (ilustrasi: Freepik)
Ketahui Beberapa Fungsi Jakun Pada Pria (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Jakun, atau yang disebut juga sebagai kelenjar timus, merupakan organ kecil berbentuk kelenjar yang terletak di bagian atas dada, di belakang tulang dada dan di bawah sternum. Meskipun jakun cenderung mengecil seiring pertambahan usia, organ ini memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Perlu diketahui bahwa jakun dapat mengalami perubahan, seperti penyusutan ukuran dan aktivitasnya berkurang secara bertahap, dan pada beberapa orang, jakun dapat mengalami involusi atau pengecilan secara signifikan.

Jakun memiliki fungsi utama yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, pada beberapa masyarakat terdapat kepercayaan bahwa jakun memiliki hubungan dengan respons emosi atau reaksi pada seseorang, terutama ketika seseorang terkejut atau tercengang.

Baca Juga:6 Rekomendasi Film Natal yang Cocok Ditonton Bersama Orang Terdekat10 Ide Kado Natal yang Cocok untuk Anak-Anak

Berikut ini terdapat beberapa fungsi utama dari jakun, yaitu sebagai berikut:

Fungsi Jakun

  • Pengaturan Sistem Kekebalan Tubuh

Jakun berperan dalam sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel-sel kekebalan, seperti limfosit T. Sel-sel ini penting dalam melawan infeksi dan penyakit dengan mengenali serta menghancurkan zat asing atau patogen yang masuk ke dalam tubuh.

  • Melindungi Pita Suara

Jakun memiliki fungsi sebagai pelindung laring dan pita suara yang terletak di atas kelenjar tiroid manusia.

  • Pematangan Sel-Sel Kekebalan Tubuh

Jakun memiliki fungsi sebagai tempat pematangan dan perkembangan sel-sel kekebalan tubuh, khususnya limfosit T. Sel-sel ini penting dalam melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

  • Produksi Hormon

Jakun juga memproduksi beberapa hormon yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal, terutama pada masa anak-anak.

 

0 Komentar