8 Langkah Penting Dalam Menentukan Model Bisnis

8 Langkah Penting Dalam Menentukan Model Bisnis (ilustrasi: Freepik)
8 Langkah Penting Dalam Menentukan Model Bisnis (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Model bisnis melihat pada kerangka atau rencana yang menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan akan menghasilkan pendapatan dan mencapai keberhasilan dalam jangka panjang. Bisnis ini melibatkan strategi yang digunakan perusahaan untuk menciptakan, mengirimkan, dan menangkap nilai bagi pelanggan dalam rangka mendapatkan keuntungan.

Perlu diketahui bahwa setiap model bisnis memiliki ciri khasnya sendiri, tergantung pada industri, tujuan, dan strategi perusahaan. Oleh sebab itu diperlukan langkah-langkah guna memahami bisnis secara secara komprehensif, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik, serta menyesuaikan strategi sesuai dengan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis.

Dalam menentukan model bisnis, terdapat berbagai faktor seperti pasar, produk, tujuan, dan keadaan eksternal akan mempengaruhi pilihan model bisnis yang tepat untuk perusahaan.

Beberapa ini beberapa langkah dalam menentukan model bisnis, antara lain:

Baca Juga:7 Referensi Kegiatan Dalam Mengisi Waktu Libur Bersama PasanganMengisi Waktu Libur Natal dan Tahun Baru? Berikut 10 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan dengan Keluarga

Langkah-Langkah Dalam Menentukan Model Bisnis

  • Analisis Pasar dan Pelanggan

Membaca pasar yang akan dilayani, siapa pelanggan potensialnya, apa kebutuhan mereka, dan bagaimana produk atau layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Identifikasi Nilai yang Ditawarkan

Mengidentifikasi nilai atau manfaat yang produk atau layanan perusahaan tawarkan kepada pelanggan yang dapat membedakan perusahaan dari pesaing.

  • Pengukuran Kinerja

Menetapkan metrik dan KPI (Key Performance Indicators) untuk memantau kinerja model bisnis dan melakukan evaluasi secara berkala untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

  • Penentuan Pendekatan Strategis

Memilih pendekatan strategis dalam menyampaikan nilai kepada pelanggan. Ini bisa berupa penjualan langsung, lisensi, layanan berlangganan (subscription), model freemium, dll.

  • Desain Model Pendapatan

Memilih model pendapatan yang paling sesuai, seperti penjualan langsung, biaya berlangganan, iklan, atau gabungan dari beberapa model.

  • Analisis Biaya dan Sumber Daya

Memahami biaya operasional, biaya untuk menghasilkan produk atau layanan, dan sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan model bisnis.

  • Pengembangan Rencana Operasional

Merancang rencana operasional yang merinci bagaimana perusahaan akan mengelola proses produksi, distribusi, pemasaran, dan penjualan produk atau layanan.

Baca Juga:Rekomendasi Hiburan Anak dalam Mengisi Waktu Libur Natal dan Tahun Baru7 Rekomendasi Film Aksi yang Dapat Membuat Jantung Berdegup Kencang

  • Pengembangan dan Inovasi Berkelanjutan

Model bisnis perlu terus berkembang seiring waktu, jadi penting untuk terus berinovasi dan menyesuaikan strategi dengan perubahan pasar, teknologi, dan kebutuhan pelanggan.

0 Komentar