Perilaku yang Tidak Dianjurkan, Ketahui Hukum Suudzon saat Berpuasa (ilustrasi: Freepik)
Perilaku yang Tidak Dianjurkan, Ketahui Hukum Suudzon saat Berpuasa (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Berburuk sangka atau suudzon, merupakan suatu perilaku yang sama sekali bukan hal yang dianjurkan dalam Islam, terutama saat seseorang sedang menjalankan ibadah puasa.

Suudzon sendiri termasuk dalam sikap menduga-duga hal buruk terhadap orang lain tanpa bukti yang kuat. Ketahui penjelasan lebih lengkap mengenai hukum berburuk sangka atau suudzon saat berpuasa beserta konsekuensinya salam islam. 

Hukum Berburuk Sangka atau Suudzon dalam Islam

  • Hukum dalam Islam:

Berburuk sangka atau suudzon termasuk dalam kategori perbuatan yang dilarang dalam Islam.

Baca Juga:Menyajikan Tahu Sutra Segar yang Lembut, Berikut Resep Sundubu JigaeTteokbokki, Makanan Jalanan Korea yang Populer di Kalangan Anak Muda

Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah prasangka, karena prasangka itu adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain, janganlah mencari-cari aibnya, janganlah saling mendengki, janganlah saling menipu dan janganlah saling membenci. Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menurut ajaran Islam, seorang muslim seharusnya memiliki sikap yang baik terhadap sesama, termasuk dengan berpikir baik terhadap niat dan perbuatan mereka.

Puasa adalah waktu di mana seorang muslim seharusnya meningkatkan kesadaran spiritual dan kontrol diri. Berburuk sangka atau suudzon bertentangan dengan tujuan tersebut.

  • Konsekuensi:

Berburuk sangka atau suudzon tidak hanya merugikan individu yang disangka buruk, tetapi juga merugikan diri sendiri secara moral dan spiritual.

Menurut Islam, menyebarkan fitnah atau berprasangka buruk terhadap sesama adalah perbuatan yang tercela dan dapat mendatangkan dosa.

Konsekuensi lainnya adalah merusak hubungan antarindividu dan masyarakat, serta melanggar prinsip keadilan dan kejujuran.

Rasulullah SAW mengajarkan agar kita bersikap bijaksana dan adil terhadap orang lain, serta menjauhi sikap curiga yang tidak berdasar.

Baca Juga:Resep Tom Yum Seafood Khas Thailand dengan Cita Rasa OtentikMiliki Berbagai Manfaat Kesehatan, Berikut Kandungan Nutrisi pada Kacang Merah

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah saling mendengki, janganlah saling menipu dan janganlah saling membenci. Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Muslim) 

Sebagai umat Islam, penting untuk selalu berusaha memperbaiki sikap dan meningkatkan kesadaran terhadap perilaku berburuk sangka atau suudzon.

0 Komentar