Xiaomi HyperOS Gantikan MIUI sebagai Suksesor

Xiaomi HyperOS Gantikan MIUI sebagai Suksesor
Xiaomi HyperOS Gantikan MIUI sebagai Suksesor
0 Komentar

KURASI MEDIAXiaomi telah mengumumkan rencananya untuk menggantikan antarmuka MIUI yang telah lama dikenal dengan nama tersebut dengan Xiaomi HyperOS.

Perubahan ini akan dimulai dengan seri ponsel terbaru mereka, Xiaomi 14.

Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun, mengungkapkan perubahan ini dalam cuitannya di X (sebelumnya Twitter), menyebut Xiaomi HyperOS sebagai antarmuka baru perusahaan.

“Hari ini menandai momen bersejarah. Setelah bertahun-tahun bekerja secara kolektif, sistem operasi baru kami, #XiaomiHyperOS, akan memulai debut resminya di #Xiaomi14Series,” kata Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun pada hari Selasa (17/10).

Baca Juga:Logitech Sematkan Teknologi AI di Logitech Zone Wireless 2Apple Pencil USB-C Tawarkan Latensi Rendah Harga Murah

HyperOS merupakan sistem operasi smartphone terbaru yang menggabungkan Android dengan sistem Vela yang dikembangkan oleh Xiaomi.

Awalnya, Xiaomi HyperOS akan diperkenalkan pada ponsel Xiaomi versi China, sementara ketersediaannya di tingkat internasional belum dijelaskan.

Detail mengenai tampilan dan fitur Xiaomi HyperOS belum diungkapkan, dan hingga saat ini belum ada bocoran informasi mengenai aspek-aspek tersebut.

Lei Jun menekankan bahwa desain dasar dari sistem operasi baru ini telah “ditulis ulang secara menyeluruh” dan akan memberikan dasar yang kuat untuk Internet of Everything dengan puluhan miliar perangkat dan koneksi di masa depan.

Selama 13 tahun, Xiaomi telah mengandalkan sistem operasi MIUI yang berbasis pada Android untuk mendukung ponsel-perangkatnya.

Versi terbaru, MIUI 14, diperkenalkan pada Desember 2022 dan mendukung ponsel-ponsel unggulan Xiaomi saat ini, termasuk Xiaomi 13 Pro.

Xiaomi saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan ponsel unggulan Xiaomi 14 dan 14 Pro di pasar Cina. Peluncuran tersebut dijadwalkan pada 27 Oktober mendatang.

Beberapa bocoran informasi mengenai spesifikasi ponsel ini telah tersebar.

Baca Juga:Xiaomi TV S Pro usung Resolusi 4K Mini LED, Harga Rp12 JutaanSimak Spesifikasi dan Harga iTel a05s yang Baru Dirilis

Performa Xiaomi HyperOS di Xiaomi 14

Menurut laporan dari GSM Arena, Xiaomi 14 diprediksi akan mengusung layar OLED Huaxing C8 berukuran 6,44 inci dengan resolusi “1,5K,” tingkat refresh 120 Hz, dan tingkat kecerahan puncak 2.800 nit.

Layar tersebut juga akan mendukung Dolby Vision dan gamut warna DCI-P3.

Ponsel ini didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang akan diresmikan oleh Qualcomm. Chipset tersebut akan dipadukan dengan RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0.

Xiaomi 14 juga akan dibekali dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh dengan dukungan pengisian kabel 90W, pengisian nirkabel 50W, dan pengisian nirkabel terbalik 10W.

0 Komentar