Pengertian Bandwith, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Pengertian Bandwith, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya
Pengertian Bandwith, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya
0 Komentar

KURASI MEDIA – Bagi yang belum tahu pengertian Bandwith, fungsi, jenis, dan cara kerjanya untuk apa. Simak informasinya di bawah ini.

Di era yang penuh dengan penggunaan alat elektronik dan internet yang tinggi, mungkin Anda sudah familiar dengan istilah “bandwidth”. Orang sering menggunakan istilah ini untuk mengukur kecepatan internet.

Secara sederhana, konsep “bandwidth” berkaitan dengan sejumlah besar data yang dapat dipindahkan dalam satu unit waktu, yang digunakan sebagai sarana untuk mengirim informasi.

Baca Juga:Cara Top Up Game di DANA Lebih Mudah dan Murah, Simak!Cara Mengaktifkan Fitur Mode Hening GrabCar

Pengertian Bandwith

Dalam buku “Media Transmisi Telekomunikasi” oleh Sugeng Purbawanto, bandwidth dijelaskan sebagai lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam media transmisi.

Menurut Wijaya dkk (2015), bandwidth adalah sekelompok data atau informasi yang dapat dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lain dalam jaringan, dalam periode waktu tertentu.

Riadi (2010) juga mendefinisikan bandwidth sebagai ukuran dari volume informasi yang dapat mengalir dari satu lokasi ke lokasi lain dalam suatu periode waktu tertentu.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa bandwidth adalah kapasitas maksimum jalur komunikasi untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

Fungsi Bandwidth

Menurut “Dasar Sistem Teknik Komunikasi” oleh Melinda dkk, bandwidth memiliki tiga fungsi utama, yaitu :

1. Sarana Transmisi Data

Bandwidth berfungsi sebagai saluran pengiriman data dan jalur komunikasi dalam jaringan komputer.

Semakin besar kapasitas bandwidth yang tersedia, semakin baik pelayanan yang dapat diberikan kepada pengguna.

Baca Juga:Siap Dirilis, Begini Cara Pakai Fitur Multi-Akun WhatsappPC HP Envy Move Siap Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 15,5 Jutaan

Hal ini penting dalam pemilihan penyedia layanan internet dan memastikan konektivitas yang efisien serta pertukaran data yang lancar dalam jaringan.

2. Membagi Kecepatan Transfer Data

Salah satu peran bandwidth adalah memastikan distribusi kecepatan transfer data yang adil kepada semua pengguna, sehingga setiap pengguna dapat menggunakan bandwidth dengan seimbang.

Tanpa pembagian yang adil, satu pengguna mungkin akan mendominasi bandwidth, sehingga menghambat akses bagi pengguna lain.

3. Mengatur Jumlah Data yang Ditransfer

Fungsi ketiga bandwidth adalah mengontrol jumlah data yang dapat ditransfer oleh pengguna dalam jaringan.

Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan stabilitas koneksi jaringan.

Penyedia layanan hosting sering menggunakan bandwidth untuk mengelola dan membatasi total data yang dapat ditransfer dalam periode tertentu.

0 Komentar