Pengertian Bandwith, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Pengertian Bandwith, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya
Pengertian Bandwith, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya
0 Komentar

Jenis-Jenis Bandwidth

Di lansir dari berbagai sumber ada dua jenis Bandwith, berikut pengertian Bandwith menurut jenisnya :

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog adalah selisih antara frekuensi terendah dan tertinggi dalam suatu rentang frekuensi, diukur dalam Hertz (Hz) atau siklus per detik.

Ini menentukan kapasitas untuk mentransmisikan informasi dalam satu waktu.

Ukuran bandwidth analog lebih rendah daripada bandwidth digital.

ISP (Internet Service Provider) sering menggunakan bandwidth analog untuk menggambarkan kecepatan koneksi internet yang mereka tawarkan.

Baca Juga:Cara Top Up Game di DANA Lebih Mudah dan Murah, Simak!Cara Mengaktifkan Fitur Mode Hening GrabCar

2. Bandwidth Digital

Bandwidth digital adalah volume data yang dapat dikirim melalui saluran komunikasi tanpa distorsi, diukur dalam bit per detik (bps).

Bandwidth digital diukur sebagai jumlah sinyal per detik dalam bps, dan digunakan untuk mentransmisikan informasi secara digital melalui saluran kabel atau nirkabel.

Ukuran bandwidth digital lebih besar daripada bandwidth analog dan dinyatakan dalam bit, byte, kilobyte, megabyte, dan gigabyte.

Cara Kerja Bandwidth

Pengertian Bandwith dari cara kerja menurut Tech Target, semakin besar bandwidth koneksi data, semakin banyak data yang dapat ditransfer dan diterima dalam satu waktu.

Anda bisa membayangkan bandwidth seperti volume air yang bisa mengalir melalui pipa. Semakin besar diameter pipa, semakin banyak air yang bisa mengalir melaluinya secara bersamaan.

Konsep ini berlaku juga untuk bandwidth, di mana semakin besar kapasitas tautan komunikasi, semakin banyak data yang bisa mengalir melaluinya dalam satu detik.

Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi kapasitas bandwidth, semakin mahal biaya koneksi jaringan.

Baca Juga:Siap Dirilis, Begini Cara Pakai Fitur Multi-Akun WhatsappPC HP Envy Move Siap Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 15,5 Jutaan

Misalnya, koneksi Internet Dedicated Access (DIA) dengan kecepatan 1 gigabit per detik (Gbps) akan lebih mahal daripada yang memiliki throughput sekitar 250 megabit per detik (Mbps).

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Bandwith, fungsi, jenis, dan cara kerjanya.

Bandwidth adalah kapasitas maksimum jalur komunikasi untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar