Ternyata Teknologi Al Bisa Kembangkan UMKM di Indonesia, Ini Kata Ahlinya!

Ternyata Teknologi Al Bisa Kembangkan UMKM di Indonesia, Ini Kata Ahlinya!
Ternyata Teknologi Al Bisa Kembangkan UMKM di Indonesia, Ini Kata Ahlinya!
0 Komentar

KURASI MEDIA – Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dapat diaplikasikan oleh perusahaan, instansi, bahkan pemerintah yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas, seperti pemanfaatan big data dalam menciptakan kebijakan yang optimal untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Misalnya, pemanfaatan big data di UMKM. Ada sebanyak 9 juta data UMKM yang sudah disurvei secara lengkap oleh Kementerian Koperasi UKM. Ini bisa menjadi salah satu alat data untuk menghasilkan kebijakan yang bisa digunakan untuk mengembangkan UMKM kita,” kata Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda dikutip dari Antara, Kamis (2/11/23).

Huda mengungkapkan bahwa AI memiliki peran penting dalam mendorong atau mengakselerasi pertumbuhan digitalisasi UMKM yang lebih cepat.

Baca Juga:Pengamat Ungkap Harga BBM Nonsubsidi Turun Dinilai Tepat, Ini Alasannya!Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan Rp1,123 Juta per Gram

Pemerintah atau pembuat kebijakan dapat bekerja sama dengan perusahaan konsultan AI untuk membantu mempercepat perkembangan digitalisasi UMKM yang dinilai krusial, jelas Huda.

Menurut Huda, meski memiliki kualitas produk yang baik, UMKM kerap menghadapi tantangan ketika berhadapan dengan digitalisasi dan pemasaran.

Sebagai contoh, kehadiran teknologi AI dapat membantu UMKM meningkatkan penjualan dan memasang iklan berbasis segmen.

“AI juga meningkatkan kinerja ekonomi produk domestik bruto dan menciptakan lapangan kerja. Kita harus lebih banyak beradaptasi dengan teknologi dengan bantuan AI. Sekarang sudah banyak teknologi AI yang bermanfaat bagi perekonomian dan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, terutama bagi pelaku usaha, termasuk UMKM,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Huda menjelaskan bahwa AI merupakan 5 besar teknologi yang akan diterapkan di sebagian besar perusahaan secara global dan nasional berdasarkan data dari World Economic Forum.

Sejauh ini, lanjut Huda, teknologi yang paling banyak diadopsi oleh perusahaan adalah Cloud Computing dan Big Data Analysis.

“AI akan dan telah diadopsi oleh sebagian besar perusahaan.
Memang kalau dilihat, bukan hanya perusahaan besar saja yang akan memanfaatkan perkembangan AI ini, tapi akan meluas ke semua sektor bahkan sampai ke kampanye politik,” pungkasnya.

0 Komentar