6 Fakta Menarik Coldplay: Dukung Palestina dan Pernah Tolak Tawaran Jutaan Dolar

6 Fakta Menarik Coldplay: Dukung Palestina dan Pernah Tolak Tawaran Jutaan Dolar
6 Fakta Menarik Coldplay: Dukung Palestina dan Pernah Tolak Tawaran Jutaan Dolar
0 Komentar

KURASI MEDIA – Coldplay akan segera menghibur para penggemarnya di Indonesia untuk pertama kalinya pada Rabu malam (15/11/23) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam rangka “Music of The Spheres World Tour 2023”.

Sebelum menikmati konsernya, mari kita simak beberapa fakta menarik tentang band asal Inggris ini yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Pertama Kali Dibentuk

Coldplay adalah band rock alternatif asal Inggris yang dibentuk di London pada tahun 1997.

Baca Juga:Perhatikan Hal Penting Ini Agar Nyaman Nonton Konser Coldplay!Counterpoint Research Sebut Samsung Rajai Pasar Ponsel Indonesia, Ini Alasannya!

Mereka terdiri dari Chris Martin (vokal, gitar, piano), Guy Berryman (bass), Jonny Buckland (gitar utama) dan Will Champion (bas).

Mereka bertemu pada bulan September 1996 di Ramsay Hall (asrama) di University College London.

Pernah Punya Lima Personel

Awalnya mereka beranggotakan lima orang. Legenda tenis Roger Federer disebut-sebut sebagai anggota kelima Coldplay, yang memainkan perkusi.

Penyanyi Chris Martin pernah memperkenalkan Federer sebagai mantan anggota grup ini, saat tampil di Swiss.

Pada tahun 1996, Coldplay memiliki lima anggota, anggota kelima bermain perkusi. Dia tinggal bersama selama sekitar tiga bulan, lalu dia berkata, Saya akan menjadi pemain tenis terhebat sepanjang masa.

Mendukung Palestina

Dukungan untuk Palestina Coldplay telah lama menyatakan dukungannya untuk Palestina.Setidaknya dukungan pertama mereka terlihat pada tahun 2011.

Saat itu, akun Facebook resmi Coldplay mengajak para pengikutnya untuk mendengarkan lagu berjudul “Freedom for Palestine”, sebuah lagu yang digagas oleh gerakan One World.

Baca Juga:Pola Makan Tak Teratur dan Sering Bergadang Bisa Terkena Diabetes?Benarkah Sering Konsumsi Serat Bisa Kurangi Risiko Diabetes? Ini Penjelasannya!

Postingan tersebut kemudian memicu kontroversi antara penggemar pro-Palestina dan pro-Israel, hingga akhirnya diblokir oleh Facebook setelah banyak pengguna yang melaporkannya sebagai konten yang “menghina”.

Lagu “Arabesque” juga merupakan hasil kolaborasi dengan musisi Palestina, Le Trio Joubran.

Jutaan Dolar Ditolak

Coldplay telah menolak tawaran kontrak jutaan dolar dari Gatorade, Diet Coke dan Gap, yang ingin menggunakan lagu “Yellow”, “Trouble” dan “Don’t Panic”.

Terlepas dari ketenaran mereka di seluruh dunia, grup ini telah membela penggunaan musik mereka di media, menyangkal “menjual” lagu-lagu mereka untuk mempromosikan produk.

Lebih dari 100 juta album terjual

Coldplay telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia dan memenangkan tujuh Grammy Awards sejak merilis album debut mereka “Parachutes” pada tahun 2000, seperti yang pernah dilaporkan oleh Variety di sini.

0 Komentar