Bentuknya Mirip, Ini Cara Membedakan Merica dan Ketumbar

ILUSTRASI: Cara membedakan merica dan ketumbar. (freepik)
ILUSTRASI: Cara membedakan merica dan ketumbar. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Cara Membedakan merica dan ketumbar masih banyak orang yang bingung, selain karena bentuknya yang sama, keduanya juga merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan orang untuk mengolah masakan.

Jika sekilas, orang bisa salah mengenalinya, karena sama-sama berupa butiran dan berukuran kecil. Namun jika diperhatikan secara seksama, maka bentuk keduanya sangat berbeda.

Merica punya ukuran sekitar 1-2 milimeter lebih lonjong daripada ketumbar, sedangkan ketumbar, berukuran sedikit lebih kecil dari merica, tapi selisihnya tak terlalu banyak.

Baca Juga:Auto Cuan, Ini 10 Tips Memilih Game Online yang Bisa Menjadi  Game Penghasil Uang10 Rahasia Terbebas dari Hutang Pinjol, Tak Sampai Stress di Kejar Dept Collector

Dari tekstur keduanya jika disentuh, juga akan tampak perbedaannya, merica memiliki permukaan yang terasa kasar dan keriput. Berbeda dengan ketumbar yang memiliki tekstur lebih halus, karena ada garis-garis di permukaannya.

Namun saat sudah digiling, ketumbar tak akan selembut dan sehalus merica, karena biasanya masih menyisakan biji dan kulitnya.

Dari segi Warna, merica memiliki bermacam-macam warna, ada hitam, putih, dan merah. Sedangkan ketumbar hanya memiliki satu warna saja, yakni cokelat muda, dan akan berwarna lebih gelap jika disangrai.

Satu-satunya persamaan dari kedua rempah ini adalah sama-sama bagian dari bumbu yang sering digunakan dalam masakan, khususnya masakan indonesia.

Kedua bumbu ini memiliki rasa masing-masing yang unik, namun berfungsi sebagai penambah rasa gurih pada masakan.

Selain rasa gurik, merica juga memiliki rasa pedas yang khas sangat berbeda dengan pedas pada cabai.

Sedangkan rasa pada ketumbar tidak begitu menyengat karena lebih dominan rasa gurih dan cenderung manis yang muncul setelah tercamur pada masakan.

Baca Juga:3 Rekomendasi Kamera Untuk Liburan, Abadikan Moment Indah  Tak Terlupakan7 Rahasia Kedahsyatan Istigfar, Lengkap dengan Lafalznya

Cara Membedakan Merica dan Ketumbar

Untuk lebih jelasnya bagaimana  cara membedakan ketumbar dan merica, akan dijelaskan secara terperinci lengkap  berserta ciri-ciri khasnya:

Ketumbar (Coriandrum sativum)

1. Bentuk dan Warna

– Daun ketumbar memiliki bentuk yang seperti daun peterseli, dan warnanya hijau.
– Ketumbar juga dijual dalam bentuk biji-bijian kecil yang bulat dan berwarna cokelat pucat.

2. Aroma dan Rasa

– Aromanya segar dan citrus, sering dijelaskan sebagai campuran antara lemon dan daun ketumbar itu sendiri.
– Rasanya ringan dan sedikit manis.

3. Penggunaan

– Daun ketumbar umumnya digunakan sebagai bumbu segar di banyak masakan, terutama dalam hidangan Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

0 Komentar