Hukum Makan Dengan Tangan Kiri, Ini Tuntunannya yang Benar

ILUSTRASI: Hukum makan dengan tangan kiri. (freepik)
ILUSTRASI: Hukum makan dengan tangan kiri. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Hukum makan dengan tangan kiri memang tidak disebutkan sebagai sebuah hukum secara khusus, namun Rosulullah mengajarkan umatnya untuk makan menggunakan tangan kanan.

Sehingga jika kita makan menggunakan tangan kiri berarti kita sedang menyelisihi Rosulullah, mengabaikan anjurannya dan tidak mengikuti sunnahnya.

Dalam sebuah kitab Shahih Muslim juga disebutkan, tentang makan menggunakan tangan kiri, yang ternyata pernah terjadi di jaman Nabi.

Salamah bin Al Akwa’ berkata:

أَنَّ رَجُلاً أَكَلَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِشِمَالِهِ فَقَالَ « كُلْ بِيَمِينِكَ ». قَالَ لاَ أَسْتَطِيعُ قَالَ « لاَ اسْتَطَعْتَ ». مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ. قَالَ فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ.

Baca Juga:Bukti APK MAERSK Beresiko Scam, Penting Untuk yang Sudah Terlanjur MasukMengenal Kelebihan Google Bard yang di Klaim Lebih Canggih dari Chat GPT

Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Makanlah dengan tangan kananmu! Dia malah menjawab, Aku tidak bisa. Beliau bersabda, Benarkah kamu tidak bisa?’ dia menolaknya karena sombong. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim no. 2021)

Melihat hadits tersebut, bisa diketahui bahwa makan dengan tangan kiri ternyata mendapat do’a jelek dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, yang juga menunjukkan ada ancaman bagi pelakunya.

Hukum Makan Dengan Tangan Kiri

Hadits di atas menunjukkan haramnya makan dengan tangan kiri. Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah berkata, Seandainya hukum makan dengan tangan kanan tidaklah wajib, lantas mengapa yang melanggar demikian didoakan jelek. Do’a dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits di atas adalah hukuman. Hukuman seperti ini tidaklah dikenakan kecuali pada perkara yang haram.”(Syarh ‘Umdatil Ahkam, hal. 52).

Tuntunan makan menggunakan tangan kanan juga disebutkan dalam hadits dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda:

“Apabila kalian makan, gunakan tangan kanan. Jika kalian minum, gunakanlah tangan kanan karena setan makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Dalam hadis lain, Rasulullah juga bersabda:

“Janganlah kalian menyerupai setan, karena setan makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Tirmidzi)

Hadis-hadis tersebut menunjukkan bahwa makan dan minum dengan tangan kiri adalah perbuatan yang tidak disukai oleh Allah dan Rasul-Nya.

Baca Juga:Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Rasakan Khasiatnya Setelah Rutin 1 MingguFinally BTS OT7 Trending di X, Akhirnya BTS Kumpul Bertujuh Antar V dan RM Wamil

Hal ini karena tangan kiri dianggap sebagai tangan yang kotor, karena biasa digunakan untuk membersihkan diri dan untuk membuang kotoran.

0 Komentar