Jadi Warisan Budaya Unesco, Ini 10 Jenis Jamu Tradisional Paling Populer di Pulau Jawa

ILUSTRASI: Jamu Tradisional yang populer di Jawa. (freepik)
ILUSTRASI: Jamu Tradisional yang populer di Jawa. (freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Jamu tradisional di Indonesia memiliki banyak sekali jenisnya, bahkan berbeda di setiap wilayahnya. Namun di Pulau Jawa ada 10 jamu tradisional paling populer dan bisa ditemukan dari JAwa Timur hingga Banten.

Jamu sudah diakui dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh UNESCO, pada sesi sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, pada Rabu, 6 Desemebr 2023 lalu.

Hal ini sekaligus menjadikan jamu sebagai benda ke-13 dari Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO.

Baca Juga:Bukan Tahlilan, Ini Yang Harusnya Dibaca Saat Malam JumatJadwal Tayang Lengkap Drama China The Last Immortal, Zhao Lusi Kembali Jadi Dewi Pencari Keabadian

Jamu merupakan ramuan dari berbagai bahan alami atau herbal, baik berupa tumbuhan, rempah yang diolah hingga bisa dinikmati dalam bentuk minuman.

Berbagai bahan herbal yang digunakan untuk mengolah jamu, biasanya memiliki khasiat yang bisa dijadikan sebagai obat, atau untuk menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan.

10 Jamu Tradisional populer

Berikut 10 jamu tradisional yang banyak ditemukan dan biasanya dijual oleh penjual jamu gendong, atau jamu tradisional lain.

1. Beras kencur

Jamu beras kencur terdiri ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Rasanya, manis dan segar. Cocok untuk anak-anak sampai dewasa.

Sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan meningkatkan stamina. Selain itu juga bisa untuk menghilangkan capek dan pegal-pegal, hingga luka dalam.

2. Kunyit asam

Jamu kunyit asam dibuat dengan bahan utamanya berupa kunyit dan asam jawa, namun diberi beberapa tambahan bahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain.

Khasiat jamu ini bisa mengatasi sakit perut saat datang bulan, selain itu kunyit asam juga cocok bagi kamu yang sedang diet dan juga bisa mencerahkan kulit, karena kunyit banyak mengandung antioksidan yang membantu meremajakan sel-sel tubuh.

Baca Juga:Selain Welcome To Samdalri, Ini 4 Drama Tentang Persahabatan yang Kocak AbisNaskah Khutbah Jumat Tentang Mengingat Kematian

3. Sinom

Jamu sinom ini hampir mirip dengan kunyit asam hanya saja bahan utamanya adalah sinom atau daun asam yang masih muda. Dengan tambahan bahan biasanya temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, serta gula pasir.

Jamu sinom bermanfaat untuk menambah nafsu makan, mengatasi peradangan lambung atau maag dan mengatasi masalah keputihan pada wanita.

0 Komentar