Mengandung Berbagai Zat Aktif, Ketahui Manfaat dan Risiko dari Ekstrak Lemon

Mengandung Berbagai Zat Aktif, Ketahui Manfaat dan Risiko dari Ekstrak Lemon (ilustrasi: Freepik)
Mengandung Berbagai Zat Aktif, Ketahui Manfaat dan Risiko dari Ekstrak Lemon (ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

KURASI MEDIA – Ekstrak lemon merupakan senyawa yang diekstrak dari buah lemon yang biasanya berbentuk cairan atau bubuk, yang mengandung berbagai zat aktif seperti flavonoid, vitamin C, asam sitrat, limonen, dan senyawa lain yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Namun, sebelumnya perlu kamu ingat untuk mengonsumsi ekstrak lemon dalam jumlah yang moderat dan memperhatikan reaksi tubuh kamu. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi terhadap citrus, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengonsumsi secara teratur atau dalam jumlah besar.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dan risiko mengonsumsi ekstrak lemon bagi tubuh, antara lain:

Baca Juga:Selain Bermanfaat Bagi Tubuh, Ketahui Bahaya Konsumsi Chia Seed Secara BerlebihanKetahui Beberapa Jenis dan Contoh dari Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Manfaat Ekstrak Lemon

  • Sumber Vitamin C

Lemon sendiri diketahui memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan mendukung kesehatan kulit.

  • Antioksidan

Kandungan flavonoid dalam ekstrak lemon memiliki manfaat sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam lemon dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah.

  • Pencernaan yang Sehat

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan.

  • Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Penggunaan ekstrak lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal karena sifatnya yang bersifat alkalis, selain itu konsumsi ekstrak lemon dapat membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Risiko Mengonsumsi Ekstrak Lemon

  • Kerusakan Gigi

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat menjadi penyebab rusaknya lapisan email gigi, sehingga dapat menyebabkan sensitivitas gigi atau kerusakan gigi.

  • Iritasi Lambung

Konsumsi ekstrak lemon dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan iritasi lambung hingga gangguan pencernaan bagi beberapa orang.

Baca Juga:Miliki Warna Mencolok dan Bau yang Khas, Ini Beberapa Manfaat Biji AngkakKetahui Beberapa Karakteristik dan Manfaat dari Jamur Salju

  • Reaksi Alergi

Beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap ekstrak lemon, seperti ruam kulit, gatal-gatal, atau pembengkakan.

  • Kulit Sensitif

Penggunaan ekstrak lemon pada kulit dalam keadaan murni dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif atau kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung.

 

0 Komentar